Apa itu Bahasa Python

Apa itu Bahasa Python

Apa itu Bahasa PythonApa itu Bahasa Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode.

Python adalah sebuah bahasa pemrogramman yang mudah di pelajari dan ampuh. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang efisien dan pendekatan terhadap pemrogramman beroientasi object(OOP) yang sederhana namun efektif. sintak python yang elegan dan typing dinamika,bersama-sama dengan sifatnya yang terinterpreter ,menjadikan python bahasa yang ideal untuk pemrogramman scripting dan rapid application development dalam berbagai bidang dan hampir semua platfrom.

Python adalah salah satu bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang bersifat intrepreter,interaktif,object oriented dan dapat beroprasi di hampir semua platfrom ,seperti keluarga UNIX,Mac,Windows ,OS/2,ataupun yang lain.sebagai bahasa tinggat tinggi python termasuk salah satu bahasa pemrogramman yang mudah di pelajari karena syntaks yang jelas dan elegan, di kombinasikan dengan penggunaan module-module siap pakai dan struktur data tingkat tinggi yang efisien.

Asal Python ???

 

Nama Python berasal dari salah satu acara komedi tahun 70-an yang disiarkan oleh BBC. Menurut pembuat bahasa Python, Guido van Rossum (http://www.python.org/~guido/), nama Python dipakai untuk memberikan suatu nama yang unik, pendek, dan sedikit misterius. Oleh karena itu Python sama sekali tidak berhubungan dengan salah satu reptil buas.

 

Python lahir pada tahun 1991 di ciptakan oleh Guido Van Rossum. sejak di luncurkan sebagai public domain pada tahun 1992 ,bahasa pemrogramman ini berkembang dengan dukungan komunitas pengguna dan pengembang seperti Python Softwar Activity,Internet newsgroup,comp.lang.python dan organisasi informal lainnya.

 

Python merupakan bahasa pemrogramman yang freeware tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya.Paket python terdiri atas source code,debugger dan profiler,fungsi sistem,GUI(antar muka pengguna grafis) dan basis datanya.

 

Kegunaan Python

 

Python dapat digunaka untuk pemrogramman yang memerlukan dinamisme tinggi. Waktu pengembangan yang cepat, Aplikasi skala besar yang yang memerlukan orientasi object dan juga fleksibelitas yang tinggi . python bisa di gunakan untuk membuat banyak aplikasi ,mulai dari aplikasi perkantoran,aplikasi web,simulasi yang memerlukan tingkat tinggi ,Administrasi sistem operasi.

 

Kelebihan python adalah mudah di gunakan dan merupakan bahasa pemrogramman yang menawarkan jauh lebih banyak struktur dan dukungan pada program besar di bandingkan yang di milik oleh shell.di sisi lain,python juga menawarkan lebih banyak pengecekan kesalahan di bandingkan C dan merupakan bahasa pemrogramman tingkat tinggi yang built-in seperti di list dan dictionary yang fleksibel.yang memerlukan waktu berhari-hari untuk di implementasikan secara efisien dalam C.di karenakan type datanya yang lebih umum.,python dapat di aplikasikan ke ruang lingkup permasalahan yang jauh lebih luas di bandingkan awk dan bahkan perl.

 

Python memungkinkan kita untuk membagi-bagi program menjadi modul-modul yang dapat di gunakan kembali dalam program python lainnya.python mempunyai koleksi besar modul-modul standar yang dapat anda gunakan sebagai dasar bagi program atau sebagai contoh untuk awal mempeljari cara memprogram dengan python. terdapat juga modul build-in yang menyediakan Fasilitas,seperti I/O file,system call,socket,dan bahkan antarmka untuk GUI toolkit seperti tkinter.

 

Python adalah bahasa di interpretasi ,sehingga dapat menghemat cukup banyak waktu dalam proses pengembangan program karena tidak adanya tahap kompilasi dan linking .python juga memungkinkan kita untuk menulis program yang sangat ringkas dan terbaca.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/