Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ayat Al-Quran

Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ayat Al-Quran

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Pada hakikatnya jauh sebelum teknologi maju seperti jaman sekarang ini, Allah sudah membahasnya didalam Al-Qur’an. Untuk lebih jelasnya kita simak pembahasan mengenai Ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

  1. Surah Yunus ayat 101 mengenai perlunya memperhatikan kejadian

Sebagaimana firman Allah dalam surah yunus ayat 101, yang artinya :

“Perlihatkanlah yang ada dilangit dan di bumi dan tidak berguna keterangan-keterangan dan ancaman bagi orang-orang yang tidak beriman.”(QS Yunus : 101)

  1. Isi Kandungan Surah Yunus ayat 101
  • 1) Allah memerintahkan para Rasul agar menyeru kaumnya untuk memerintahkan segala kejadian dilangit dan dibumi semua itu menjadi tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah Swt. Bagi orang-orang yang berfikir dan yakin kepada penciptanya.
  • 2) Orang yang tidak percaya adanya pencipta alam, semua tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah dalam alam ini tidak bermanfaat baginya. Peringatan para Nabi atau Rasul tidak meninggalkan kesan mendalam dalam jiwa mereka.
  1. Surah Al-Baqarah ayat 164 mengenai penciptaan alam semesta

Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 164, yang artinya :

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang dan bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah matinya dan Dia sebarkan dibumi itu segala jenis hewan dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi sungguh (terdapat) tanda-tanda (Kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal (Memikirkan).” (QS Al-Baqarah ayat 164)

  1. Isi Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 164
  • 1) Allah menciptakan langit dan bumi dengan membawa kegunaan untuk makhluknya, khusunya manusia, seperti menjadikan malam dan siang dan menciptakan lautan lepas sehingga kapal dapat berlayar.
  • 2) Allah menciptakan langit dan turunnya hujan sehingga dengan turunnya hujan tersebut tumbuh berbagai jenis tumbuh-tumbuhan untuk kesejahteraan semua makhluknya, khususnya manusia.
  • 3) Allah menciptakan segala jenis hewan dibumi dan menciptakan perkisaran angin serta awan yang terkendali diantara langit dan bumi.
  • 4) Sesungguhnya dari semua ciptaan tersebut merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal agar menjadi orang yang bersyukur. (Lihat juga Qs Al-Imron : 190 – 191, An-Nisa 103, Al-Baqarah ayat 152 – 153, Al-Jumuah ayat 10 dan Al-Hijr ayat 98-99).
  • 5) Al Biqa’i mengungkapkan dalam tafsirnya Nuzumud Durar bahwa maksud kalimat “La’allakum tatafakkarun” adalah agar manusia menjadi orang yang selalu menggunakan fikirannya. Orang yang telah menggunakan fikirannya berarti telah dapat mengambil manfaat dan fikirannya tersebut.

 

Sumber : Kingdom Animalia