cara mendinginkan pikiran sebelum tidur

cara mendinginkan pikiran sebelum tidur – Istirahat di kamar dan merebahkan diri di kasur yang lunak dan lekas tidur, rasanya ialah hal terbaik sesudah seharian bekerja. Namun terkadang realita tak semulus rencana, istilah benak bekerja dua kali lebih keras sebelum tidur kelihatannya benar sekali. Alih-alih terlelap pulas, yang ada benak melancong kemana-mana. Alhasil baru dapat tidur di atas jam 1. Sangat merepotkan, lagipula besok masih hari kerja, duhhh.. bisa-bisa kesiangan.

Jadi sebenarnya mengapa ya, walau jasmani sudah letih namun tetap tidak dapat tidur?

Selama bekerja, kita nyaris menghabiskan waktu selama 14 jam di luar rumah. Banyak sekali dinamika yang terjadi, dari mulai soal kerjaan sampai kehidupan sosial. Mungkin tadi kamu melakukan salah, bertemu sahabat lama, atau sebagainya yang terlampau berkesan (negatif atau positif) yang susah terlupakan dan tidak jarang kali teringat-ingat, bahkan ketika sudah di lokasi tidur sekalipun. Dari situlah salah satu dalil kamu susah tidur.

Jadi, di tulisan kali ini anda akan membicarakan bagaimana sih teknik menenangkan benak supaya cepat tidur.

1. Intropeksi ringan.
Coba tanyakan pada dirimu, apa kesalahanmu di hari ini? Maksud kekeliruan di sini bukan cuma kekeliruan dengan orang lain, tapi pun kesalahan yang sifatnya pribadi. Misal, hari ini anda melakulan kelaziman burukmu, anda melakukan kekeliruan kerja di kantor, dan sebagainya. Akan jauh lebih gampang apabila, anda menyebutkannya di selembar kertas atau gadget-mu, dan anda tuliskan pun solusi menanggulangi kesalahanmu dan barangkali komitmen guna tidak melakukannya lagi. Dan esok harinya kamu pun harus take action untuk menuntaskan masalahmu, agar tak menumpuk dan menimbulkan kecemasan sebelum tidur.

Dengan menyebutkannya di selembar kertas atau gadget, tersebut membuat seakan-akan masalah kegelisahanmu beralih dari kepalamu ke selembar kertas atau gadget-mu tadi.

2. Buat to do list.
Salah satu dalil kamu susah tidur ialah kamu terlampau memikirkan hari esok. Mungkin kamu kelak ada rapat, terdapat presentasi, atau ada sebuah hal besar yang tak boleh anda lewatkan, dan timbullah rasa kekhawatiran di malam harinya sebelum tidur. Jadi, menciptakan to do list ialah solusinya!

3. Rileks.
Setelah anda melakukan hal-hal di atas, saatnya anda rileks. Ada dua teknik yang lazimnya sangat gampang dilakukan. Pertama, bikin otot wajah dan rahang serelaks mungkin. Dilanjutkan dari semua tubuh unsur atas sampai kaki, bikin serelaks barangkali dan senyaman mungkin.

Kedua, mainkan imajinasimu. Bayangkan anda tertidur di lokasi yang paling nyaman, di lokasi yang gelap gulita, dan terakhir ialah jangan berpikir. Kamu dapat melakukannya dengan cara berbicara dalam hati, “jangan berpikir, tidak boleh berpikir” selama sejumlah kali.

Jadi, begitulah sekian banyak cara yang dapat dilaksanakan untuk mendinginkan pikiran sebelum tidur. Lakukanlah dengan konsisten guna tidurmu yang lebih kualitas!

Baca juga: