Cara yang tepat untuk mengurangi asupan gula anak

Asupan gula yang berlebihan dari makanan dan minuman manis dapat memicu kerusakan gigi, obesitas, dan berbagai penyakit lain pada anak-anak. Sayangnya, tidak semua orang tua mengerti cara mengurangi asupan gula sehingga anak-anak tidak makan terlalu banyak.

Cara yang tepat untuk mengurangi asupan gula anak

Gula ditemukan dalam berbagai makanan ringan yang dikonsumsi anak-anak, dari roti, kue, biskuit, jus kemasan, es krim, dan banyak lagi. Tanpa disadari, anak mengkonsumsi semua makanan dan minuman manis hampir setiap hari.

Namun, mengurangi asupan gula bukan tidak mungkin. Berikut serangkaian saran yang dapat Anda buat:

1. Sarapan seimbang bergizi
Bahkan, keluarga Anda bisa mengonsumsi lebih banyak gula saat sarapan daripada ketika Anda makan makanan penutup yang identik dengan rasa manis. Asupan gula dapat berasal dari sereal, susu, jus buah, selai, gula dalam secangkir teh manis.

Sarapan dengan bahan praktis tidak sepenuhnya salah. Namun, cobalah bergantian setiap hari dengan makanan yang mengandung lebih banyak nutrisi. Misalnya telur, yoghurt polos, oatmeal sederhana, beras merah, sayur dan buah.

2. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran
Menyediakan buah-buahan dan sayuran adalah cara yang efektif untuk mengurangi asupan gula anak-anak. Pasalnya, buah dan sayuran mengandung serat dan air yang membuat anak merasa kenyang lebih lama. Jadi anak Anda tidak sering makan camilan manis.

Tumbuh dan berkembang anak-anak membutuhkan 1-2 porsi buah dan 2-5 porsi sayuran per hari. Satu porsi buah setara dengan 1 apel atau jeruk sedang, sementara satu porsi sayuran setara dengan 1 mangkuk kecil salad.

sayuran terbaik untuk anak-anak
3. Makan makanan alami dengan nutrisi lengkap
Sebagian besar camilan anak-anak telah mengalami berbagai tahap pemrosesan. Makanan dan minuman ini juga telah diberi bahan tambahan seperti bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan dengan kadar gula tinggi.

Untuk mengurangi asupan gula anak, dari makanan alami menjadi bentuk yang masih utuh. Misalnya, menggantikan sirup manis dalam madu, saus apel dengan apel asli dan camilan berbentuk kenari.

4. Siapkan camilan Anda
Saat Anda bepergian dengan anak-anak, Anda akan lebih mudah membeli paket makanan ringan untuknya. Nah, Anda bisa menghindarinya dengan membuat camilan Anda lebih sehat dan dengan sedikit gula.

Ada berbagai makanan sehat yang bisa Anda cemaskan. Misalnya kacang, keju, smoothie buah, telur rebus dan kentang panggang. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan kue sederhana dengan bahan-bahan ini.

5. Ajari anak untuk minum lebih banyak air
Mengajari anak-anak minum air putih adalah langkah efektif untuk mengurangi asupan gula. Selain pendingin, air tidak akan menyebabkan masalah kesehatan seperti minuman manis.

Kemudian, mulailah memberi anak Anda sebotol air sebelum berangkat ke sekolah atau pergi bermain. Ajari anak Anda untuk menghabiskan air yang Anda bawa sehingga ia terbiasa.

Tidak ada cara praktis untuk mengurangi asupan gula anak-anak. Hasilnya tergantung pada kebiasaan di rumah dan bagaimana Anda mengajar anak Anda untuk membatasi konsumsi camilan manis.

Menerapkan semua hal di atas tentu sulit pada awalnya. Namun, anak akan mendapat manfaat besar dari kesehatannya selama bertahun-tahun yang akan datang

Baca juga :