DAMPAK ADANYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

DAMPAK ADANYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

DAMPAK ADANYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

DAMPAK ADANYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

1. DAMPAK POSITIF

Dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya masyarakat multikultural sangatlah banyak dan memiliki nilai yang bagus. Salah satu dampak positif tersebut adalah dengan adanya keanekaragaman budaya diharapkan dapat membuat masyarakat lebih bisa untuk menjalin hubungan sosial dengan individu maupun kelompok lain walaupun memiliki perbedaan kebudayaan.

Selain itu diharapkan dengan dapat menjalani kemasyarakatan bersama kelompok lain akan timbul ikatan kuat antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, sehingga dapat menerima kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing kelompok yang ada di masyarakat tersebut.

Dengan adanya masyarakat yang berbeda-beda juga diharapkan dapat membuat individu maupun kelompok dapat mengembangkan ilmu dengan belajar dari kelompok lainnya. Selain itu hal ini juga berguna untuk meruntuhkan tembok antara masing-masing kelompok sehingga terciptanya hubungan yang baik.

2. DAMPAK NEGATIF

Masyarakat multikultural juga memiliki dampak negatif, di mana dampak tersebut dapat membuat kehidupan bersama dengan kebudayaan lain bisa menjadi hancur. Dampak negatif tersebut adalah adanya pertikaian dan konflik karena adanya beberapa individu yang fanatik atau mendukung satu kelompok yang menyebabkan perpecahan dengan kelompok lainnya.

Sikap merendahkan kelompok lain juga bisa terjadi pada masyarakat multikultural, akan banyak seseorang yang merasa kelompoknya adalah yang paling baik sehingga terjadi sikap merendahkan kelompok lainnya. Hal ini tentu saja sangat tidak baik untuk keberlangsungan masyarakat multikultural yang telah terbentuk tersebut.

Dari segi pemerintahan ataupun politik juga akan mengalami masalah yang besar, di mana hanya akan ada satu kelompok saja yang menguasai politik dalam kemasyarakatan. Dengan adanya pemusatan pemerintahan tersebut akan membuat kelompok lain merasa didiskriminasi, sehingga tercitanya rasa iri dan perpecahan sangat rentan dialami oleh masyarakat multikultural tersebut.

3. MULTIKULTURALISME DI INDONESIA

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman yang sangat kompleks, di mana di dalamnya terdapat berbagai suku, kebudayaan, agama, ras, ataupun bahasa yang berbeda. Negara Indonesia sendiri memiliki pandangan sendiri terhadap keanekaragaman tersebut dan disatukan dengan paham Bhinneka Tunggal Ika.

Pada dasarnya multikulturalisme yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh kondisi geografisnya, yang banyak sekali terdapat pulau dan tiap pulau dihuni oleh kelompok tertentu dengan kebudayaan mereka sendiri. Sehingga hal ini berimbas pada banyaknya kebudayaan yang berbeda di Indonesia.


Sumber: https://hon.co.id/phantom-of-the-kill-apk/