Dasar agama

  Dasar agama

Dasar ini hendaknya menjadi ruh dan target tertinggi dalam kurikulum. Dasar agama dalam kurikulum pendidikan islam jelass harus diajarkan pada al-quran,al-sunnah ,dan sumber-sumber yang bersifat furu’ lainnya.

2)   Dasar falsafah

Dasar ini memberikan pedoman bagi tujuan pendidikan islam secara filosofis, sehingga tujuan ,isi, dan organisasi kurikulum mengandung suatu kebenaran dan pandangan hidup dalam bentuk nilai-nilai yang diyakini sebagai suatu kebenaran, baik ditinjau dari segi ontology ,epistemology, maupun aksiologi.

3)   Dasar psikologis

Dasar ini memberikan landasan dalam perumusan kurikulumyang sejalan dengan cirri-ciri perkembangan psikis peserta didik,sesuai dengan tahap kematangan dan bakatnya,memperhatikan kecakapan pemikiran dan perbedaan perorangan antara satu peserta didik dengan lainnya.

4)   Dasar sosial

Dasar ini memberikan gambaran bagi kurikulum pendidikan islam yang tercermin pada dasar social yag mengandung ciri-ciri masyarakat islam dan kebudayaannya, baik dari segi pengetahuan ,nilai-nilai ideal, cara berfikir dan adat kebiasaan,seni dan sebagainya. Sebab, tidak ada suatu masyarakat yang tidak berbudaya dan tidak ada suatu kebudayaan pun tidak barada pada masyarakat. Kaitannya dengan kurikulum pendidikan islam, sudah tentu kurikulum harus mengakar terhadap masyarakat dan perubahan serta perkembangannya.

Dasar dasar utama diatas seyogyanya menjadi landasan utama pendidikan islam.dengan berlandaskan kepada dasar-dasar tersebut, diharapkan kurikulum pendidikan islam dapat mengantarkan pendidikan islam pada tujuan yang diharapkan.[3]

 

https://bobhenneman.info/modern-conflict-2-apk/