Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas

  • Kohesivitas Dan Konformitas

Kohesivitas didefinisikan sebagai ketertarikan yang dirasakan oleh seseorang terhadap sebuah kelompok. ketika kohesivitas banyak atau ketika seseorang suka dan mengagumi suatu kelompok tertentu maka tekanan bagi melakukan konformitas akan naik besar.


Salah satu panduan untuk diterima oleh orang-orang tersebut adalah dengan akhirnya menjadi seperti mereka dalam penjuru hal. Sebaliknya ketika kohesivitas rendah, tekanan terhadap konformitas juga rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesivitas memunculkan efek yang kuat bersama konformitas.


  • Konformitas Dan Ukuran Kelompok

Asch menemukan yakni konformitas meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah anggota kelompok. Sebaliknya penelitian-penelitian terkini malahan menunjukkan bahwa konformitas condong meningkat seiring dengan meningkatnya ukuran kelompok hingga delapan orang anggota tambahan / lebih.

Jadi tampak yakni semakin besar kelompok ini, maka semakin besar jua kecenderungan seseorang untuk turut serta meskipun tingkah laku tersebut berbeda dari yang sebenarnya diinginkan.


  • Norma Sosial Deskriptif Dan Norma Sosial Injungtif

Norma deskriptif ialah norma yang hanya memberikan apa yang sebagian lebih besar orang lakukan pada situasi tertentu. Norma-norma ini mengakibatkan tingkah laku dengan trik memberi tahu seseorang mengenai apa yang umumnya dianggap efektif atau adaptif di dalam situasi tersebut. Sebaliknya arquetipo injungtif menetapkan tingkah laku apa yang diterima / tidak diterima pada situasi tertentu.

Akan tetapi arquetipo injungtif dapat memberikan pengaruh yang lebih kuat. Situasi ini benar karena direttiva injungtif cenderung mengalihkan atensi dari bagaimana orang bertindak pada situasi tertentu pada bagaimana mereka seharusnya bertingkah laku.


Seperti contoh melepaskan sampah sembarangan, maka mereka harus bertingkah laku utk membuang sampah ke kawasan sampah. Selain itu arquetipo injungtif juga dapat menyalakan motif sosial untuk melancarkan hal yang benar pada situasi tertentu tanpa mengindahkan apa yang orang yang lain lakukan.


Sumber: https://gloryanugrahperkasa.co.id/jelly-splash-apk/