FKG Universitas Jember Pecahkan Rekor Muri

FKG Universitas Jember Pecahkan Rekor Muri

FKG Universitas Jember Pecahkan Rekor Muri

FKG Universitas Jember Pecahkan Rekor Muri
FKG Universitas Jember Pecahkan Rekor Muri

Fakultas Kedokteran Gigi memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia

(Muri) untuk perawatan gigi gratis di halaman depan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (9/9/2019).

Sebanyak 250 alumni dari lintas angkatan memberikan perawatan gigi gratis kepada 700 anak berusia 8-9 tahun. Mereka melapisi gigi permanen anak-anak itu dengan aplikasi fluor. “Biasanya sih untuk usia segitu baru ada sekitar 4 sampai 5 gigi permanen baru,” kata Ketua Ikatan Alumni FKG drg. Hamid Dwi, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej.

Kegiatan pelapisan gigi dengan fluor ini tercatat dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia

(MURI) sebagai pelapisan gigi dengan aplikasi fluor terbanyak. “Target awal kami adalah 2030 elemen gigi yang akan dilapisi fluor. Angka ini adalah wujud dukungan kami bahwa pada tahun 2030 Indonesia bebas karies gigi,” kata Hamid.
Baca Juga:

Ironis, Usia Koruptor di Indonesia Makin Muda
Mahasiswa Teknik dan Kedokteran Lebih Mudah Kena Radikalisme
Mahasiswa Unej Kecam Netralitas Menristekdikti
Unej Rekrut Mahasiswa Jadi Satpam Dunia Maya
Unej Gandeng PTS dalam SBMPTBR

Namun, setelah dihitung ada sekitar 2.572 elemen gigi yang telah dilapisi dengan fluor.

Pelapisan gigi permanen dengan aplikasi fluor merupakan langkah awal untuk mengurangi resiko terjadi karies (gigi berlubang). Pelapisan gigi dengan fluor dapat melemahkan kemampuan bakteri penyebab gigi berlubang untuk melekat pada gigi.

Hamis menjelaskan, anak-anak lebih rentan mengalami karies gigi dibandingkan dengan orang dewasa. “Pelapisan fluor ini menjadi salah satu tindakan prefentif pada anak-anak dalam mencegah karies dan penumpukan plak pada gigi,” katanya.

Kegiatan ini untuk merayakan dies natalis FKG Universitas Jember ke-34. Rektor Universitas Jember Moh. Hasan memberikan apresiasi pada kegiatan bakti sosial tersebut. Menurut Hasan, kegiatan itu adalah bentuk keramahan sosial Universitas Jember bidang kesehatan gigi dan mulut.

 

Sumber :

https://www.theamericanreporter.com/unit4-erps-new-product-is-capable-of-enhancing-users-experience/