Forum Jabar Selatan Usulkan Daerah Otonom Baru

Forum Jabar Selatan Usulkan Daerah Otonom Baru

Forum Jabar Selatan Usulkan Daerah Otonom Baru

Forum Jabar Selatan Usulkan Daerah Otonom Baru
Forum Jabar Selatan Usulkan Daerah Otonom Baru

BANDUNG-Masyarakat yang terhimpun dalam Forum Jabar Selatan

, setelah  melakukan pengkajian yang mendalam dari berbagai sudut kepentingan  pembangunan, mengusulkan daerah otonom baru.

Usulan tersebut, untuk tahap ini sedang dikonsultasikan kepada DPRD Jabar. Hal demikian, diungkapkan Ketua Forum Jabar Selatan, Suryaman dalam penuturannya kepada jabarprov.go.id, di sela-sela audiensi dengan DPRD Jabar, Selasa sore (7/4).
Suryaman, lebih lanjut memaparkan daerah otonom baru yang diusulkan adalah daerah Kabupaten/Kota baru di  Jabar, jadi bukan usulan pembentukkan daerah baru bukan rencana pemisahan beberapa Kabupaten/Kota  daerah di Jabar untuk membentuk Provinsi baru.

Adapun daerah otonom baru yaitu Kabupaten baru yang diusulkan antara lain

: Garut Selatan, Tasikmalaya selatan dan  Cianjur selata. Usulan tersebut, sebelumnya sudah disampaikan juga ke DPRD Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Jabar bagian selatan.

Suryaman, lebih lanjut memaparkan sehubungan dengan usulan daerah otonom baru Pemprov. Jabar diminta segera membuat desain besar rencana pengembangan wilayah. Atas usulan daerah otonom baru,  Forum Jabar selatan sudah menghitung luas wilayah berdasarkan jumlah kecamatan di masing-masing daerah usulan baru, yaitu Garut selatan 16 Kecamatan,  Tasikmalaya selatan 11 Kecamatan dan  Cianjur selatan 13 Kecamatan.

Desain besar rencana pengembangan wilayah , diharapkan Pemprov.

Jabar dapat menghitung kebutuhan ideal  jarak tempuh antar Kabupaten/Kota, kebutuhan waktu percepatan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan jumlah masyarakat yang dilayani.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Jabar, H. Syahrir dalam keterangannya secara terpisah mengatakan atas usulan daerah otonom baru, dorongan yang diberikan akan dilihat berdasarkan kemampuan dan kesiapan baik daerah yang diusulkan maupun kesiapan pemerintah Provinsi maupun Pemkab induk dan Pemkab calon daerah baru. (SN)

 

Sumber :

https://steemit.com/blog/@alistudio/jaring-jaring-kubus