Hakikat Model Pembelajaran

Hakikat Model Pembelajaran

Hakikat Model Pembelajaran

 

Hakikat Model Pembelajaran
Hakikat Model Pembelajaran

 

Secara umum strategi mempunyai pengertian

Suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi biasa diartikan sebagai pola umum perbuatan guru rnurid dalam perwujudan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang digariskan (Mansyur, 2002:3).

 

Pengertian strategi dalam proses belajar mengajar

Sudah tentu mengandung makna yang berbeda dengan pengertiannya dalam bidang kemiliteran karena dalam pengajaran, strategi mengandung makna sebagai suatu upaya untuk mengurangi sampai titik minimal penggunaan metode ceramah dengan siswa yang aktif seperti seminar kelompok atau proyek kerja kelompok (Hamalik, 2003:12).

 

Secara khusus istilah model diartikan sebagai kerangka konseptual

Yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Atas dasar pemikiran tersebut, maka yang dimaksud model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar (Winaputra, 2001:3). Istilah model pembelajaran juga meliputi pendekatan suatu model pembelajaran yang luas dan menyeluruh. Model pembelajaran yang diterapkan guru harus menggunakan berbagai keterampilan, memiliki prosedur pemecahan masalah serta mengajarkan pada siswa bagaimana cara berpikir kritis.

Istilah model pembelajaran merupakan suatu hal yang digunakan sebagai petunjuk dalam keutuhan konsep aktivitas pembelajaran, yang secara keilmuannya dapat diterima dan secara operasional dapat dilakukan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam model pembelajaran selalu terdapat tujuan dan asumsi, sintakmatik, sistem sosial, sistem pendukung, dampak intruksional, dan dampak pengiring. Joyce (dalam Trianto 2007:5), mengungkapkan bahwa

 

Model pembelajaran adalah

Suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain.

Model pembelajaran dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan

Pembelajarannya, yaitu sintaks (pola urutannya) dan sifat lingkungan belajarnya (Trianto 2007:7). Sintaks dari suatu pembelajaran adalah pola yang menggambarkan urutan alur tahap-tahap keseluruhan yang pada umumnya disertai dengan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menunjukan dengan jelas kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa. Selain itu, model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi, metode atau prosedur.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan inti atau jantung dalam proses belajar mengajar yang merupakan hal yang sangat penting bagi para pengajar untuk mempelajari dan menambah wawasan tentang moedel pembelajaran yang telah diketahui. Karena dengan mempelajari berbagai model pembelajaran, maka seorang pendidik akan merasakan adanya kemudahan dalam pelaksanaan dan pembelajaran yang selanjutnya akan membawa pendidikan ke arah tujuan yang telah digariskan. Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jaring-jaring-kubus/