Jenis-jenis Casing Komputer serta Sejarah dan Gambar

casing komputer

Jenis Kasing Komputer

Kasing komputer adalah bagian dari komputer yang menghubungkan semua komponen komputer, seperti motherboard, prosesor, hard drive, sumber daya, dan banyak lagi.

Rumah umumnya terbuat dari aluminium atau logam seng.

Fungsi komputer

Kasing komputer berfungsi untuk melindungi komponen komputer di dalam komputer dari debu, air, panas, kelembaban, dan dampak fisik yang mungkin muncul dan merusak komponen komputer.

Fitur penting lainnya juga menjadi tempat untuk berbagai komponen lain seperti drive DVD, pembaca kartu, floppy disk, slot depan USB dan sebagainya. Fitur lain termasuk:

Sebagai pendingin komputer, karena ada kipas yang berfungsi untuk mendinginkan bagian-bagian di dalam enklosur.

Kasing komputer digunakan sebagai penyapu di layar komputer sehingga tidak terlihat “semrawut”.
Menghindari kecelakaan yang fatal bagi manusia, seperti menyentuh komponen secara tidak sengaja sehingga tersengat listrik. Komputer dapat digunakan sebagai dukungan komputer untuk beberapa jenis.

casing komputer

Beberapa jenis kasing komputer

Kasing komputer bukan hanya lelaki, tetapi ada beberapa jenis. Bangkai ini dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu:

  • Menara menara

Casing jenis ini adalah jenis casing terbaru dan paling modern karena diproduksi setelah tahun 2001. Keunggulan dalam casing menara adalah ruang yang lebih luas. Lebar ruangan menyebabkan pemanasan suhu yang cepat. Selain itu, komponen lain dapat dengan mudah ditambahkan karena ruang. Casing menara memiliki 3 jenis: mini ATX, ATX tengah, dan mini ITX. Keempat jenis ini dibedakan menurut ukurannya, karena bentuknya hampir sama.

  • Kasing ATX mini

Casing menara mini memiliki bentuk seperti menara. Kasing ini memiliki ukuran terkecil dari semua bangkai yang ada. Umumnya, case ini hanya berisi 1 drive DVD, 1 hard drive, dan catu daya yang tidak terlalu besar. Penggunaan cangkang ini umumnya untuk jenis komputer berdaya rendah, seperti yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom.

  • Kasing ATX

Kasing menara tengah adalah kasing yang paling banyak digunakan di Indonesia. Housing ini sedikit lebih besar daripada case mini-tower karena dilengkapi dengan berbagai alat seperti catu daya yang lebih besar. Tetapi bangkai ini hanya memiliki dua penggemar, masing-masing di depan dan di belakang.

  • Kasing mini ITX

Casing komputer jenis ini adalah bangkai terkecil dari semua jenis bangkai menara. Beberapa bangkai ITX hanya berukuran 15x15x30 cm. Housing ini banyak digunakan untuk penggunaan sistem komputer minimal seperti yang digunakan untuk media center.

Jenis desktop desktop

  • kasing komputer desktop

Kasing komputer desktop memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari casing menara. Kasing desktop memiliki posisi untuk meregang dan biasanya bahan lebih kuat sehingga dapat menjadi tumpuan untuk monitor. Lebarnya sekitar 30-40 cm dan panjangnya 50-60 cm. Housing ini umumnya lengkap dengan speaker, catu daya, dan lainnya.

Sumber : Https://www.videomax.co