kandunga dan manfaat tempe

Table of Contents

Isi Tempe

Tempe mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dapat dikatakan bahwa kandungan gizi Tempe lebih tinggi dari pada daging sapi. Kandungan protein Tempe lebih tinggi dari daging. Di sisi lain, kandungan lemak sebenarnya jauh lebih rendah. Tempe juga mengandung lebih banyak kalsium dan fosfor daripada daging.

Tempe tidak mengandung karbohidrat, serat, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piroksidin, biotin dan bahan-bahan lainnya. Kandungan zat besi, tiamin, vitamin B12, retinol dalam tempe, sedikit lebih tinggi dari daging. Selain itu, Tempe mengandung antioksidan yang disebut isoflavon.

Manfaat Tempe

Tempe populer tidak hanya karena rasanya enak dan murah tetapi juga karena kaya akan nutrisi. Berbagai kandungan nutrisi tempe dapat membuat Anda percaya bahwa tempe akan membawa berbagai manfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa kelebihan Tempe untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan:
Sumber protein

Seperti disebutkan di atas, kandungan protein Tempe lebih tinggi daripada daging. Karena itu, tempe sering digunakan sebagai sumber protein bukan daging. Banyak vegetarian dan vegan memilih Tempe sebagai menu pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein mereka.

Sekitar 20 gram protein terkandung setiap 100 gram tempe. Jumlah ini dapat memenuhi kondisi protein harian mencapai 34% untuk orang dewasa. Selain menjaga jaringan otot, fungsi protein itu sendiri adalah menghasilkan enzim proteolitik yang dapat menurunkan rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.
Radikal bebas detoksifikasi antioksidan

Keuntungan kedua Tempe adalah sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas ke tubuh kita bahkan bisa menyebabkan kanker, menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh.

Isoflavon tempe dan kandungan nutrisi lainnya menjadikan Tempe antioksidan yang efektif untuk tubuh. Peran Tempe sebagai antioksidan telah terbukti lebih efektif daripada kacang yang dimasak biasa.
Sumber kalsium

Manfaat tempe adalah sumber kalsium. Umumnya kita akan mengingat susu ketika berbicara tentang sumber kalsium. Memang tempe juga merupakan sumber kalsium yang tidak jauh berbeda dengan susu.

Dosis 100 gram susu mengandung 125 mg kalsium, tetapi setiap 100 gram tempe mengandung 155 mg kalsium. Karena itu dapat dikatakan bahwa tempe sangat mungkin menjadi sumber kalsium sebanyak susu.
Menu diet

Keuntungan selanjutnya dari Tempe adalah dapat digunakan sebagai menu terapi diet. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah protein tinggi, serat tinggi, dan makanan rendah lemak. Kandungan protein dan serat Tempe membuatnya menjadi menu makan yang sangat baik.

Tempe mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan gizi Anda selama makan.
Memenuhi kebutuhan vitamin B 12

Keuntungan kelima Tempe adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, terutama untuk vegan. Vitamin B 12 membawa banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari produksi eritrosit, dukungan untuk proses sintesis DNA, aktivasi asam folat, pemeliharaan sistem saraf yang sehat, dan pemeliharaan fungsi otak.

Umumnya vitamin B 12 terutama terkandung dalam daging, ayam, ikan, susu. Tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 nabati, sehingga sangat cocok untuk menggantikan sumber vitamin B12 lain yang tidak dikonsumsi oleh vegan.
Aman untuk diabetes

Keuntungan Tempe aman untuk pasien diabetes. Memilih menu makanan untuk pasien diabetes bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menyesuaikan setiap menu agar kadar gula darah tidak naik.

Terutama Tempe yang terbuat dari kedelai mengandung isoflavon dan serat yang dapat mengontrol stabilitas glikemik dan dapat meningkatkan resistensi insulin. Tidak hanya cocok untuk mengambil pasien diabetes tipe 2, Tempe juga membantu mengurangi risiko diabetes. Selain Tempe, tanaman polongan lainnya juga sangat dianjurkan untuk pasien diabetes.
Risiko Tempe

Manfaat Tempe memang sangat penting bagi kesehatan, tetapi itu tidak berarti Tempe tidak memiliki bahaya sama sekali. Mengkonsumsi Tempe yang berlebihan memiliki efek negatif pada kesehatan Anda. Tempe yang terbuat dari kedelai mengandung fitoestrogen yang mempengaruhi kerja hormon estrogen wanita. Pada wanita yang berisiko terkena kanker, keberadaan fitoestrogen dapat memicu kanker.

Tempe juga merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh penderita asam urat. Pasien asam urat biasanya merekomendasikan menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Tempe Sadar mengandung zat purin rendah.

Baca juga :