Kandungan, Manfaat, dan Efek Samping Kacang Kedelai

Kandungan, Manfaat, dan Efek Samping Kacang Kedelai

Kandungan, Manfaat, dan Efek Samping Kacang KedelaiKandungan, Manfaat, dan Efek Samping Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Kedelai memiliki khasiat yang baik untuk tubuh karena mengandung kadar protein yang tinggi dan lechitin.Protein sendiri berguna untuk pembentukan sel otot sedang lechitin bisa membangun kecerdasan dan daya ingat sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak.
Sampai saat ini belum di temukan bahan makanan dari tanaman lainnya menyerupai kedelai yang sangat kaya akan protein, yang sebagian besar terdiri dari semua asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh secara “langsung” karena tubuh tidak dapat mensintesis asam amino tersebut sendirian, jadi perlu di suplai. Lesitin menjadi lipid, memiliki sifat pengemulsi lemak, sehingga dapat meningkatkan aktivitas otak dan aktivitas neurotransmitter.
Kacang kedelai merupakan salah satu polong-polongan yang kaya kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Di Indonesia sendiri sudah banyak olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Di berbagai negara seperti Jepang dan Cina menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya. Hal ini sangat signifikan jikadilihat dari tingkat kesehatan penduduk di negeri tersebut. Maka dari itu kita juga harus mengetahui manfaat kedelai serta kandungan gizi dan efek samping kedelai ini.

Agriculture (USDA) menyatakan dalam 90 gram kedelai hijau atau edamame mengandung: – 127 kkal
– 11,12 gram protein
– 5,76 gram lemak
– 9,95 gram karbohidrat
– 3,8 gram serat
Selain itu, kacang kedelai juga mengandung banyak vitamin C dan asam folat. Kacang kedelai merupakan sumber serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, isoflavone, dan thiamin.

Manfaat Kedelai Pada Kandungan Nutrisinya
1. Lemak tak jenuh
Meskipun kacang-kacangan mengandung sejumlah lemak (kedelai mengandung 19 persen lemak) namun sebagian besar adalah lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ganda kedelai termasuk asam linolenat atau asam lemak omega-3. Yang membuatnya istimewa adalah kehadiran omega-3, dimana sedikit asam lemak esensial ini pada tanaman, yang biasanya banyak didapat dari manfaat minyak ikan. Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting yang membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
2. Protein
Pada jenis kacang-kacangan seperti kedelai banyak mengandung protein seperti juga manfaat kacang hijau dan manfaat kacang merah. Kandungan protein nabati sangat baik bagi pencernaan dan sangat disarankan kepada para vegetarian untuk menggantikan asupan protein hewani yang tidak dikonsumsi mereka. Manfaat kedelai dengan kandungan protein yang tinggi membantu dalam membangun sel-sel dalam tubuh, terutama pada anak-anak pada masa pertumbuhan.
3. Serat
Kita mungkin hanya mengetahui bahwa serat hanya terdapat pada manfaat buah-buahan tapi kedelai menyediakan sekitar 8 gram serat alami. Tapi produk olahan kedelai yang telah mengalami proses, dapat mengurangi kadar serat secara signifikan. Tahu dan susu kedelai mengandung sangat sedikit serat, sementara makanan kedelai yang memanfaatkan seluruh bagian kacang kedelai seperti tempe, tepung kedelai masih mengandung serat yang tinggi.
4. Kalsium
Kedelai adalah sumber kalsium yang baik dibandingkan dengan sumber kacang-kacangan lain, menyerupai manfaat susu sapi. Namun pengolahan kedelai dapat mempengaruhi kandungan kalsium, pada tahu atau susu kedelai. Meskipun kedelais tinggi kandungan oksalat dan phytates yang menghambat penyerapan kalsium, namun kalsium cukup diserap dengan baik sama dengan susu.
5. Lechitin
Lechitin ini yang menghasilkan senyawa choline yang berguna bagi metabolisme tubuh. Zat Choline membantu metabolisme lemak yang tersendat dalam hati. Berbeda dengan manfaat tomat, zat choline ini tidak terkandung didalam buah tersebut sehingga tidak dapat menghilangkan lemak yang tersendat di hati. Tentu saja hal ini melindungi organ hati dan organ tubuh lainnya yang saling berkaitan.

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh
Kedelai dengan segala kandungan baiknya tersebut, sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :
6. Pencegahan Oesteoporosis
Kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan estrogen. Kesehatan tulang menjadi amat rentan pada usia lanjut. Hal ini karena penyerapan kalsium yang mulai melemah.Selama masa menopause kadar estrogen ini akan menurun dan isoflavon ini berikatan dengan reseptor estrogen dalam sel yang akan meringankan gejala menopause. Isoflavon akan meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis.

7. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat larut dalam kedelai, akan membantu mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Menurut Live strong, diet tinggi serat akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan buang air besar yang normal. Tambahkan kedelai pada menu makanan untuk mencegah kanker usus besar, sembelit dan wasir

Sumber: https://businessnews.id/amazon-luncurkan-spark-media-sosial-untuk-belanja/