KARAKTERISTIK DAN PERWUJUDAN BUDAYA

KARAKTERISTIK DAN PERWUJUDAN BUDAYA

KARAKTERISTIK DAN PERWUJUDAN BUDAYA

 KARAKTERISTIK DAN PERWUJUDAN BUDAYA
KARAKTERISTIK DAN PERWUJUDAN BUDAYA

 

Pemujaan Terhadap Dewa

Masyarakat Cina menganut politeisme, yang terkenal yaitu dewa angin dan dewa topan. Disungai Hung Ho dewa ini digambarkan dalam bentuk manusia yang mengendrai 2 ekor ular naga.  Setiap tahunya upacara persembahan terhadap Dewa Hupo  yang mengorbankan 1 orang gadiscantik  diseluruh cina  dan diterjunkan ke lembah Hng ho

 

Pemujaan terhadap leluhur

Pemujaan leluhur ini dilakukan oleh seluru laki – laki cina yang dikepalai oleh kaisar.asyarakat cina percaya bahwa bumu ini berbentuk persegi yang dilapisi 9 langit.

Filsafat

Filsafat merupakan pemikiran mencari kebanaran didalam masyarakat kuno. Terutama pada masa dinasti Cho.

 

Lao Tse atau Tao ( 640 – 531 BC )

            Ia hidup pada masa dinasti Chou. Ia merupakan pegawai di perpustakaan kaisar. Dari banyak buku yang ia baca ia berhasil membuat buku  filsafat yang berjudul Tao Te Ching. Taoisme ( jalan / penunjuk) setiap orang harus berjalan sesuai dengan tao tersebut.

            Dalam ajaran Tao menyatakan bahwa dalam negara orang harus hidup dengan alamiah. Pengikut Tao berbicara mengenai emas di masa lampau suatu orang hidup secara alami mereka berpakaian sangat sederhana dan agak kelihatan kumuh. Ajaran Tao sangat berpengaruh terhadap orang Cina dan budayanya sehingga ajaran Tao mengagumkan para sarjana untuk merasa lebih dari 2000 tahun

 

Kung Fu Tse / Comfusius ( 551- 479 Bc )

            Ia juga hidup pada asa dinasti Chou . ajaran ini disebut Comfisius yang sampai sekarang masih dipakai oleh rakyat cina secara kesuruhan, Confisius merupakan dasar filsafat hidup dan akaran yang lebih menekankn kepada pemerintah dan keluarga  akan lebih baik dijalankan didalam tersebut./

Konfisisus juga mengutamakan pentingnya pendidikan yang bertujuan untuk mengubah orang dalam keluarga laki-laki yang baik. Negara di pandang sebagai perluasan dari keluarga. Konfisisus percaya unutk masyarakat yang baik susunannya dan unutk rakyat yang hidup aman dan makmur di perlukan suatu pemerintahan yang baik dan permanen. Di Cina, seseorang yang mencapai kedudukan yang penting dalam suatu pemerintahan harus lurus ajaran konfisisus. Para penganut konfisisus percaya bahwa mereka adalam masyarakat yang beradab di dunia dan mereka memandang kepercayaan dan kebudayaan yang lain. Sikap ini membuat orang cina tidak mau mengubah cara pandang hidup mereka.

  • Meng Tse ( 372 – 28 9 BC ) Mang Tse dilahirkan jauh sesudah Confisius di lahirkan kira-kira 1 abad sesudah itu. tetapi, dia tetap menghargai dan tetap menjalankan ajaran konfisisus. Ia banyak mengembara dari satu tempat ke tempat yang lain unutk memberi ajaran dan nasehat pada orang-orang yang membutuhkan termasuk raja dan bangsawan istana. Pada suatu waktu terjadi kekacauan di Cina yang menyebabkan rakyat menjadi menderita. Banyak raja-raja kecil yang dahulunya bergabung dengan kerajaan besar akhirnya mengundurkan diri dan malah mengangkat menjadi raja baru.

            Dalam ajaran ini megatakan bahwa perlunya pendidkan bagi masyarakat agar rakyat menjadi terpelajar sehingga memrintah berjalan sesuai dengan aturan. Rakyat berhak menurunkan seorang raja jika ia tidak memerhatikan rakyat.

Baca Juga :