Kaum Muda Masa Kini dalam Kaitannya dengan Bela Negara

Kaum Muda Masa Kini dalam Kaitannya dengan Bela Negara

Pemuda-pemudi di Indonesia dalam sejarah cukup memainkan perannya dalam mendesian setiap peristiwa besar, dalam perubahan bangsa ini. Di situlah kaum muda sekarang dihadapkan pada berbagai persoalan seperti korupsi, kemiskinan, pengangguran, pemanasan global, dan terorisme. Tentu saja hal itu tidak bisa diselesaikan dengan mudah, dan hanya bernostalgia serta mengingat masa lalu. Setiap perubahan pasti harus punya kekuatan baru yang lahir senantiasa terdapat dalam jiwa pemuda masa kini, cerminan dan contoh dari hati yang bersih.

Seiring dengan berkembangnya zaman, rasa nasionalisme dan patriotisme itu mulai pudar. Contoh sederhana saja dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari generasi muda kita, diantaranya; pada saat upacara bendera, masih banyak yang tidak memknai arti dari upacara itu sendiri karena mereka sibuk dengan kepentingannya, sehingga mereka tidak mengikuti dengan khidmad upacara itu sendiri. Para generasi muda kita lebih bangga memakai produk luar negeri dari pada produk bangsa sendiri. Contoh lainnya upacara nasional hanya dimaknai sebagai seremonial dan hiburan saja tanpa diiringi nasionalisme dan patriotisme.

Selain itu, modernisasi juga memberikan sumbangsih terhadap kondisi ini. Disadari atau tidak, jiwa nasionalis, semangat persatuan dan kesatuan, dan kesadaran untuk mengisi kemerdekaan ini telah hilang ditelan oleh modernisasi yang melaju dengan pesat di bidang teknologi.

Teknologi modern sudah menyelimuti pikiran dan kehidupan para kaum muda sekarang serta dengan ganas menggerogoti jiwa revolusioner mereka. Padahal, jiwa nasionalis dan semangat Sumpah Pemuda hingga kapan pun dibutuhkan sebagai alat pemersatu Bangsa Indonesia dan juga sebagai katalis gerakan pembangunan dan perubahan Indonesia. Disadari atau tidak, perjuangan kaum muda masa kini memiliki tantangan yang berbeda. Perjuangan tersebut bukan lagi perlawanan terhadap invasi bangsa asing melainkan pengaruh yang dibawa oleh setiap kemajuan zaman, salah satunya teknologi.

Sumber :

https://ironmanfactory.com/zahir-tak-hanya-layani-aplikasi-akuntansi-tapi-sales-hingga-inventory/