KEWAJIBAN WARGA NEGARA

KEWAJIBAN WARGA NEGARA

KEWAJIBAN WARGA NEGARA

KEWAJIBAN WARGA NEGARA

Pembahasan mengenai apa saja yang menjadi hal dari warga negara sudah selesai dilakukan. Selanjutnya akan dibahas mengenai hal-hal yang menjadi kewajiban dari setiap warga-negara yang hidup di Indonesia. Informasi seputar kewajiban warga negara akan dibahas sebagai berikut.

1. MEMBAYAR PAJAK

Kewajiban artinya adalah hal yang harus ditaati dan juga bersifat mengikat. Jadi kewajiban dari warga negara adalah hal yang harus dilakukan dan bila tidak dilakukan, maka aka nada sanksi yang mengikuti dari pelanggaran yang telah dilakukan tersebut.

Salah satu dari kewajiban bagi warga negara yang mampu adalah membayar pajak. Pada dasarnya, pajak yang dibayarkan ini ditujukan untuk membangun infrastruktur yang ada di negara tercinta ini. Hanya saja memang, kasus korupsi yang sedang terus diusahakan untuk dibinasakan ini membutuhkan waktu yang lama.

Terlepas dari oknum pejabat korupsi yang memang menyebalkan itu, sebagai warga negara yang baik, perlu untuk membayar pajak dengan teratur. Kewajiban yang satu ini juga sudah banyak dijelaskan melalui berbagai media yang dilakukan oleh pemerintah.

Kewajiban dalam membayar pajak ini telah dituangkan dalam UUD 1945 pasal 23 A. Anda juga diharuskan untuk membaca dan memahami isi dari peraturan seputar pembayaran pajak ini secara seksama.

2. KEWAJIBAN MENAATI PERATURAN

Ada banyak sekali peraturan yang harus ditaati oleh masyarakat. Hal yang paling mudah adalah dalam hal berlalu lintas. Harus diingat bahwa membunyikan bel sebelum lampu berubah menjadi hijau adalah tindakan yang tidak baik. Hal tersebut dapat memicu pengendara lain untuk secara latah mencuri start. Hal ini akan sangat berbahaya bila terjadi kecelakaan.

Jadi hilangkanlah kebiasaan membunyikan bel kendaraan. Hal lain yang perlu disampaikan adalah membunyikan bel juga merupakan sifat yang tidak sopan. Selain itu, kewajiban lainnya adalah memelihara properti tempat wisata yang dipelihara oleh negara dengan cara tidak buang sampah sembarangan.

Membuang sampah sembarangan akan menjadi tindakan yang sangat tidak baik. Apalagi bila membuang sampah sembarang di tempat wisata yang biasanya banyak dikunjungi oleh turis. Padahal negara ini snagat berpotensi untuk menunjukkan dari segi kecantikan alamnya. Maka dari itu, hindarilah membuang sampah sembarangan, karena sudah ada tempat sampah.

Bila tidak ada tempat sampah, Anda bisa saja mengantongi dalam plastic untuk sementara waktu dan membuangnya setelah menemukan tempat sampah. Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu kewajiban warga negara yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

3. KEGIATAN BELA NEGARA BAGI SELURUH WARGA NEGARA

Kewajiban bela negara dapat dilakukan oleh siapapun dan tidak harus dalam bentuk perang. Dalam keadaan damai, kegiatan bela negara juga dapat dilakukan. Misalkan saja siskamling, sukarelawan dalam membantu korban bencana alam yang terjadi di dalam negeri, belajar dengan tekun, dan mengikuti kegiatan pramuka.

4. BERPARTISIPASI DALAM MENGATASI ATHG

ATHG merupakan singkatan dari ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Bila suatu saat negara ini mengalami hal darurat yang mengancam NKRI, maka seluruh rakyat Indonesia akan bersatu dan juga berkorban demi tanah air ini.


Baca Juga :