Komposisi dan sifat garam dapur

A. Komposisi garam dapur

Garam dapur memiliki nama IUPAC, atau natrium klorida. Dari nama itu, Anda dapat melihat bahwa garam tersusun dari atom Na dan atom Cl. Jenis ikatan yang terbentuk dalam senyawa natrium klorida yang memiliki rumus NaCl adalah ikatan ionik.

Ikatan ion terbentuk oleh kecenderungan atom untuk menangkap atau melepaskan elektron untuk mencapai komposisi gas mulia (doublet atau octet). Ikatan ion biasanya terjadi antara atom logam dan bukan logam. Atom logam cenderung melepaskan elektron untuk menjadi ion positif, dan atom nonlogam menangkap elektron untuk menjadi ion negatif.

Ikatan ion terbentuk antara atom logam Na dan atom Cl bukan logam dalam senyawa NaCl (natrium klorida) sebagai berikut.

Na (Z = 11) memiliki konfigurasi elektron (2, 8, 1). Ne (2.8) adalah elemen gas langka terdekat dengan konfigurasi elektron atom seperti Na. Oleh karena itu, muatan +1 yang disebut ion Na + Na harus melepaskan satu elektron ke Na.

Na (2, 8, 1) -> Na + (2, 8) + e –

Cl (Z = 17) memiliki konfigurasi elektron (2, 8, 7). Unsur gas mulia terdekat dengan konfigurasi elektronik yang mirip dengan atom Cl adalah Ar (2, 8, 8). Oleh karena itu, Cl haruslah ion 1 dan satu elektron yang disebut ion Cl-harus diambil dalam Cl

Cl (2, 8, 7) + e – -> Cl – (2, 8, 8)

slide22.jpg

Dalam pembentukan ikatan ionik, jumlah elektron yang dipancarkan harus sama dengan jumlah elektron yang terperangkap. Atom Na memancarkan satu elektron dan menjadi ion Na +. Atom Cl menangkap elektron yang dilepaskan oleh atom Na dan menjadi ion Cl -. Perbedaan muatan, Na + dan Cl – memberikan gaya tarik atau elektrostatik yang kuat. Dengan kata lain, disimpulkan bahwa ikatan ion adalah ikatan kimia yang melibatkan transfer elektron dari satu atom ke atom lainnya.

B. Sifat fisik garam dapur

Sifat fisik suatu zat dijelaskan oleh kekuatan antara partikel penyusunnya. Karena garam dapur adalah senyawa ionik, itu adalah ikatan ion antara ion Na + dan Ion Cl – yang menentukan sifat fisiknya.

Struktur komposit

Ketika Anda melihat garam, Anda akan menemukan kristal kubus yang sangat kecil. Kristal garam ini terbentuk dari natrium klorida (NaCl), bentuk kubiknya adalah susunan atom tertentu. Kubus kristal natrium klorida ditemukan di alam (garam batu), atom yang membentuk kubus dan butiran kecil garam dan garam batu yang muncul dalam kristal garam batu disebut struktur garam batu.

Senyawa natrium klorida padat berulang secara teratur, bergantian dan berulang kali struktur kristal yang terdiri dari kation (ion Na +) dan anion (ion Cl -). Kisi kristal NaCl

Slide 1

Bola putih mewakili ion Na + (ukuran kecil), dan bola hijau mewakili ion Cl – (ukuran besar). Ion Na + dan Cl – dikaitkan dengan segmen garis. Garis ini ditunjukkan untuk membuatnya lebih mudah untuk membedakan bentuk kisi kristal dari senyawa ionik dengan muatan berlawanan pada jarak yang sama.

Titik lebur dan titik didih

Titik lebur garam adalah 141 sampai 30 ° C, dan titik didihnya 80 sampai 10 ° C. Angka yang cukup tinggi untuk meleleh dan mendidih. Apa penyebab titik leleh tinggi dan titik didih garam? Kekuatan elektrostatik yang kuat dalam senyawa natrium klorida menyebabkan pergerakan ion yang sangat terbatas. Proses peleburan dan pendidihan adalah proses mengubah morfologi material di semua bagian material pada suhu tertentu. Suhu tinggi diperlukan karena ada kemungkinan bentuk berubah ketika ion bergerak. Pada suhu tinggi, ion akan mencapai energi kinetik yang cukup untuk mengatasi gaya elektrostatik yang menghambat pergerakan ion.

kelarutan

Apa yang terjadi jika Anda melarutkan garam dalam air? Anda akan mendapatkan larutan garam. Penyebab pembubaran garam adalah bahwa polaritas air dapat mengatasi gaya elektrostatik dari senyawa ionik dan menyebabkan pemisahan atau pembubaran ionik. Di sisi lain, pencampuran garam dan etanol (alkohol) membuat kedua zat ini tidak kompatibel karena etanol adalah pelarut organik dengan polaritas lebih sedikit daripada air dan tidak dapat mengatasi gaya elektrostatik dari senyawa ionik. Jika polaritas solven dan solute sama, larutan terbentuk.

Konduktivitas listrik

Arus dapat disuplai melalui ion dan elektron yang bergerak dapat membawa muatan secara bebas. Garam dapur adalah senyawa ionik yang mengandung kation dan anion sehingga arus dapat melewatinya. Apakah Anda berpikir bahwa semua tahap garam di dapur dapat melewati listrik? Silakan menganalisis jawaban yang paling tepat untuk konsep kartun berikut.

Sumber : https://rumusbilangan.com/