Kucing Bengal

Kucing Bengal

Kucing Bengal

Kucing Bengal

Ras kucing Bengal tidak sama seperti kucing yang kita kenal secara umum. Mereka jarang berdiam diri menghabiskan waktu untuk tidur dan bersantai. Hewan peliharaan ini sangat lincah dan aktif bergerak karena bentuk tubuh yang kuat dan berotot kokoh sama seperti kehidupan liar dekat hutan.

Asal mula kucing Bengal

Sebelum mengetahui lebih banyak tentang kucing Bengal, ada baiknya kita mengetahui asal mula kucing Bengal hadir di tengah dunia.
Ras kucing Bengal adalah hewan yang masih ada hubungan dengan leluhurnya, kucing Leopard Asia.
Dari ciri khas mantel bulu mereka yang tutul warna kecokelatan bercampur kehitaman dan bintik seperti macan tutul Asia, menandakan dekat berkerabat Felis Bengalensis.
Melalui persilangan dengan kucing shorthair sekitar tahun 1950-1960 oleh Jean Mill peternak kucing California.
Awal munculnya kucing Bengal saat itu, menurut peternak kucing Jean Mill bukan untuk menemukan ras kucing baru. Ia menyatukan leopard yang didapat dengan kucingnya agar tidak merasa kesepian.
Dirinya menyatakan rasa terkejut dan tak menyangka dua spesies tersebut bisa bercampur sehingga menghasilkan anakan kucing bengal.
Kabar ras kucing Bengal dengan ciri khas seperti Leopard tersebut, membuat banyak peternak kucing lainnya kagum dan tertarik untuk mendapatkan ras kucing yang sama.
Pengakuan penuh secara internasional untuk ras kucing Bengal itu sendiri tercatat tahun 1991, masa sebelumnya mereka telah diakui dengan status hewan eksperimen yang sedang berkembang biak oleh International Cat Association.
Popularitas kucing Bengal yang unik dan banyak dicari para sultan jaman tersebut, dikabarkan ada warga Inggris mengeluarkan harga sekitar $ 50.000 untuk memeliharanya tahun 1990.

Cara merawat kucing Bengal

Apakah perawatan ras kucing Bengal sangat susah? Kira-kira begitu pertanyaan kita tentang ras kucing liar ini.
Ras kucing Bengal sebagian besar menurunkan genetik leluhur mereka, kucing leopard Afrika. Rata-rata kehidupan mereka tidak membutuhkan perawatan khusus.
Perbedaannya jika memelihara dan merawat ras kucing Bengal jika ada jenis lainnya, mereka tampak lebih besar.
Perawatan rutin kucing Bengal adalah memberi prioritas perawatan mantel bulu mereka di sisir untuk menghilangkan bulu yang rontok.
Beberapa perawatan lain yang perlu diberikan untuk mereka adalah potong kuku setiap beberapa minggu sekali.
Selain itu sediakan perlengkapan yang dibutuhkan kucing Benggal seperti kotak pasir dan memastikan selalu bersih dan tidak berbau karena tumpukan pup dan pipis mereka.
Dukungan aktivitas lain bagi kucing Benggal adalah sarana main yang baik.
Kucing Bengal memiliki naluri aktif dan senang memanjat ketinggian. Jenis mainan yang bagus untuk mereka seperti membuat desain ruangan bertingkat seperti tangga atau menyediakan mainan yang kokoh seperti pohon untuk di panjat.
Alternatif bermain dengan kucing Bengal yang menyenangkan adalah genangan air. Ras kucing ini suka bermain di lingkungan yang ada air.
Jika Anda ingin menyiapkan kolam atau sejenisnya, pastikan kedalaman genangan tidak seperti tempat pemancingan ikan.

Perlukah kucing Bengal Mendapat Makanan Khusus?

Sebelum membeli dan mengadopsi kucing Bengal, ada baiknya Anda mengetahui pakan makanan yang diperlukan mereka.
Pertanyaan umum tentang makanan bagi kucing Bengal apakah bersifat khusus atau sama seperti kucing lain.
Sebelum saya menjawab perlukah ras kucing Bengal diberi makanan khusus, ada baiknya majikan memahami, nutrisi seimbang dan berkualitas premium untuk hewan sangat baik menjaga kesehatan mereka.
Kita tahu ras kucing Bengal salah satu hewan unik yang agak berbeda dengan kucing rumahan. Membawa gen leluhurnya yang masih liar maka pasokan makanan mereka agak berbeda dari kucing domestik.
Insting kucing Bengal memiliki kemiripan dengan kucing lain, yakni karnivora. Artinya, asupan nutrisi yang didapatkan mereka harus bersumber dari hewani seperti daging karena sistem pencernaan mereka lebih sehat dibanding memberi makanan bersumber dari biji-bijian, tumbuh-tumbuhan dan lainnya.
Oleh sebab itu, makanan yang sebaiknya dihindari untuk mereka adalah tidak memberi sejenis gandum, beras, jagung dan lainnya. Dalam beberapa kasus, kucing Bengal bisa mengalami masalah pencernaan terhadap pakan sejenis ini.
Jika kucing Bengal butuh gizi dan nutrisi hewani, tidak heran jika pemilik hewan peliharaan banyak memberikan daging segar yang terkadang masih mentah. Namun pemberian daging mentah bagi mereka sebagian kurang disetujui beberapa dokter hewan.
Untuk memastikan gizi dan nutrisi mereka terjamin dan tercukupi, konsultasikan jenis makanan terbaik dengan peternak profesional atau dokter hewan terdekat.
Menu ikan untuk kucing Bengal
Menu ikan selalu disukai kucing dan sumber hewani ikan dapat juga Anda siapkan untuk mereka. Kucing Bengal bisa mengonsumsi ikan sepanjang tidak berlebihan. Disarankan jenis ikan putih dikonsumsi mereka dalam seminggu sekali.
Beberapa jenis ikan lain yang potensial diterima pencernaan kucing Bengal adalah ikan sarden dan makarel. Pemilihan ikan lainnya adalah yang memiliki komposisi minyak tinggi jika Anda menginginkan mantel bulu mereka sehat.