Manfaat Kangkung

manfaat kangkung

Pengertian Kangkung

kangkung merupakan sayuran yang umum di Indonesia. Kebanyakan orang makan sayur. Sayuran ini juga dikenal dengan nama kangkung. Toh, tahukah Anda bahwa kalsium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Ingin tahu lebih banyak tentang bayam untuk menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, dan melawan penyakit lever? Silakan tinjau penjelasan berikut.

Kale tidak memiliki sayuran eksotis. Anda mungkin salah satu penggemar yang memanfaatkan tanaman ini untuk memasak. Selain mengolah berbagai macam makanan, kalsium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Amarnath merupakan tumbuhan yang bisa ditemukan di banyak negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Indonesia, bayam terdiri dari dua jenis: tumbuhan air (ubi jalar) dan dua jenis (ubi jalar akhir), dan keduanya merupakan tumbuhan perdu.

Perbedaan antara bayam air dan bayam tumbuk terutama terletak pada ukuran daun dan warna bunganya. Bayam memiliki warna hijau tua, putih, kuning atau merah panjang, daun agak kusam. Bayam memiliki bunga yang panjang, agak runcing, berwarna putih dan hijau.

Nutrisi sayur kangkung

Bayam atau dikenal juga dengan kangkung merupakan tumbuhan air yang banyak ditemukan di rawa-rawa. Kangkung biasa ditemukan di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia.

Seperti yang Anda ketahui, daun bayam kaya air ini memiliki lebar 2,5 hingga 8 inci.

Brokoli ini, tidak seperti banyak sayuran lainnya, mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan disebut kata Latin Ipomia aqua. 100 gram (g) raw note segar mengandung 3,4 gram protein, 3,9 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.

Sayuran ini juga sangat kaya vitamin A dan C. Segelas jus bayam (sekitar 56 gram) dapat memenuhi 70% vitamin A harian Anda dan 51% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Bayam juga kaya akan mineral penting seperti 250,1 miligram kalium, 67 miligram kalsium, 2,3 miligram zat besi, 65 miligram natrium dan 54 miligram fosfor.

Bayam mengandung banyak nutrisi penting, sedangkan bayam kaya air merupakan sayuran rendah kalori. Bayam dituangkan ke dalam segelas air sebelum dimasak dan hanya mengandung 11 kalori.

Manfaat kangkung bagi kesehatan

manfaat kangkung

Tidak hanya bayam dan bayam yang enak, namun ada banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

1. Kesehatan mata

Kaya kalsium dan vitamin A, baik untuk kesehatan mata. Ini karena vitamin A dapat melindungi kornea atau selaput lendir dari infeksi bakteri atau virus. Vitamin ini meningkatkan produksi air dan mencegah mata kering.

2. Reaksi inflamasi

enurut Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa bayam sebenarnya memiliki sifat anti-inflamasi yang manjur. Peradangan seringkali ditandai dengan gejala seperti nyeri dan bengkak.

Dalam penelitian ini, kubis terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus menyebabkan MRSA, jelai, dan penyakit bawaan makanan.

3. Pencegahan diabetes

Pada tahun 2013, peneliti menemukan bahwa konsumsi bayam secara teratur efektif mencegah diabetes pada ibu hamil dan anak-anak. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes telah menunjukkan bahwa bayam memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini menghambat stres oksidatif pada sel diabetes pada ibu hamil dan janin.

4. Menahan kerusakan hati (kecap).

Karakubesei telah dikenal selama berabad-abad efektif dalam memerangi sirosis hati. Sebuah studi baru-baru ini di jurnal Molecules juga menegaskan keunggulan ini.

Bayam melindungi hati dari kerusakan, kerusakan dan peradangan. Para ahli mengatakan hal ini dapat menyebabkan produksi enzim pembersih hati kubis (detoksifikasi).

5. Mencegah dehidrasi

Kandungan mineral pada kubis sangat bermanfaat dalam mencegah dehidrasi pada sayuran tersebut. Ini karena mineral seperti kalium dan natrium berperan penting dalam komposisi.

Semua mineral ini terlibat dalam menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit. Jadi makan bayam mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan.

6. Pengobatan anemia

Selain menjaga elektrolit cair, mineral dalam kubis juga membantu meredakan gejala anemia. Ini karena bayam mengandung zat besi dan fosfor.

Zat besi memiliki efek meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah dibutuhkan untuk mensuplai oksigen ke seluruh sel dan organ di dalam tubuh, termasuk jantung dan otak.

7. Mengurangi resiko penyakit kronis.

Sayangnya, nilai gizi kubis dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Sedangkan manfaat lain dari bayam adalah dapat melindungi dari penyakit lain yang disebabkan oleh melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Jus bayam ini kaya vitamin C, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel. Penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan infeksi virus dan bakteri.