Membantu Mengembangkan Peserta Didik

  1. Membantu Mengembangkan Peserta Didik

 

Psikologi Pendidikan berkontribusi dalam membantu Guru mengembangkan peserta didik menjadi orang yang kreatif, produktif, inovatif dan dilandasi nilai – nilai rohaniah, jasmaniah, inovatif sosial dan emosional. Anak dalam pandangan Islam memiliki potensi yang disebut fitrah. Fitrah inilah yang harus dikembangkan sebaik – baiknya dalam keluarga, sekolah madrasah dan masyarakat. Guru dapat menanamkan nilai – nilai tersebut diatas sebagai landasan utama dalam pembelajaran.

Nilai rohaniah adalah menyangkut pada nilai keagamaan, rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, dan sesama manusia. Nilai rohaniah ini sangat penting dikembangkan dalam pembelajaran agar peserta didik memiliki akhlak mulia, cinta Allah, cinta sesama dan lingkungan. Nilai jasmaniah mengarah pada kesehatan badan. Seperti pepatah mengatakan bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Apabila orang sehat, maka segala tugas bisa dilakukan dengan baik. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Psikologi Pendidikan haruslah bermanfaat bagi sisi rohani dan jasmani manusia agar terjadi keseimbangan, dapat diartikan sehat lahir batin.

Psikologi Pendidikan berkontribusi pula dalam memupuk nilai sosial pada anak. Sikap sosial perlu dipupuk dalam proses pembelajaran sebagai implementasi manusia sebagai makhluk sosial yang tidak terlepas dari orang lain. Seorang pendidik hendaknya menanamkan sifat sosial seperti jangan mementingkan diri sendiri, bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain serta membantu orang yang membutuhkan. Ini penting dalam proses pembelajaran guna menjadikan peserta didik aktif dan mampu menjaga toleransi dalam proses belajar mengajar didalam kelas.

Nilai yang harus dipupuk dalam proses pembelajaran adalah nilai adat istiadat dimasyarakat. Psikologi berkontribusi agar anak selalu memelihara identitas dirinya sehingga suatu suku tidak punah. Jika ini dapat diimplementasikan maka adat itu selalu dipelihara kemudia tidak punah ditelan oleh masa.

Nilai yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran adalah emosional. Ini akan menentukan sikap seseorang dalam bergaul. Psikologi berkontribusi untuk mengarahkan kemana anak tersebut dalam menyalurkan emosinya. Apakah akan kearah yang positif atau negatif. Memang, penulis menyadari bahwa emosi sangat ditentukan oleh aktifitas keluarga di rumah. Orang tua memiliki peranan penting dalam pembentukan emosi peserta didik di sekolah. Apabila salah satu anggota keluarga sering marah, maka secara psikologis anak tersebut akan menjadi pemarah, begitupun sebaliknya.

https://haciati.co/kidu-a-relentless-quest-apk/