OnePlus 8 dan 8 Pro secara resmi disajikan: langkah serius untuk meningkatkan jangkauan

OnePlus 8 dan 8 Pro secara resmi disajikanlangkah serius untuk meningkatkan jangkauan

OnePlus 8 dan 8 Pro resmi resmi: langkah serius untuk meningkatkan jangkauan

OnePlus 8 dan 8 Pro secara resmi disajikanlangkah serius untuk meningkatkan peringkat
OnePlus 8 dan 8 Pro secara resmi disajikanlangkah serius untuk meningkatkan peringkat

OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro adalah smartphone premium baru dari pabrikan Cina. Desain yang ditingkatkan,

Pengisian nirkabel, fitur baru, kompatibilitas 5G … OnePlus ingin lebih dari sebelumnya bermain di liga besar, bahkan jika itu berarti menaikkan biaya sekali lagi. Kami berharap menemukan tiga smartphone, OnePlus akhirnya mengumumkan hanya dua.

Selama konferensi video yang disiarkan online karena pandemi coronavirus, merek terkenal itu menghadirkan OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, masing-masing penerus OnePlus 7T dan OnePlus 7T Pro. Selain menjadi smartphone OnePlus pertama yang membawa logo merek baru, OnePlus 8 adalah seri 100% 5G pertama dari pabrikan Cina.

Layar melengkung dan penyegelan
Tahun lalu, model “Pro” tentu membuat pemilik model klasik iri.

Smartphone OnePlus yang paling mahal memiliki layar melengkung, memberikan tampilan yang lebih modern.

Tahun ini OnePlus menawarkan perbedaan ini untuk dua smartphone. OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro memiliki layar melengkung.

Namun, ukurannya tidak sama. Model klasik memiliki diagonal 6,55 inci dalam format 20: 9, sedangkan model ultra-high-end “Pro” memiliki panel OLED 6,78 inci dalam format 19,8: 9.

Kita harus mengakui bahwa kita lebih suka OnePlus 8 kecil yang, berkat beratnya 180 gram dan ketipisannya, adalah sukacita untuk ditangani.

Setelah mencoba kamera pop-up tahun lalu, OnePlus kembali ke sesuatu yang lebih klasik pada tahun 2020. Kedua OnePlus 8 menyembunyikan kamera depan mereka dalam sebuah pukulan kecil (diameter 3,83 mm) yang terletak di sudut kiri atas smartphone.

Mengapa Anda membuat pilihan ini? OnePlus menjelaskan bahwa ini memungkinkan mereka untuk membuat smartphone mereka kedap air. Memang, untuk pertama kalinya, OnePlus 8 Pro disertifikasi IP68.

OnePlus 8 juga tahan air … tetapi tanpa sertifikasi, karena akan memakan biaya terlalu banyak. Oleh karena itu, merek memutuskan untuk memesan argumen ini untuk model yang paling mahal, yang menyerap biaya lebih mudah (perhatikan bahwa di Amerika Serikat, semua OnePlus 8 disertifikasi IP68 atas permintaan T-Mobile, operator yang memasarkannya).

Perbedaan lain untuk langkah yang diumumkan beberapa minggu lalu adalah bahwa OnePlus 8 Pro memiliki tampilan kecepatan refresh 120 Hz, membuat navigasinya sangat lancar. Seperti pada Galaxy S20, kami menyukai fitur baru ini! Mari kita berharap bahwa itu tidak akan membuat masa pakai baterai turun terlalu banyak, terutama karena dimungkinkan untuk mengumpulkan 120 Hz dan definisi QHD + di OnePlus, di mana Samsung memaksa penggunaan Full HD + pada smartphone-nya untuk menghemat baterai.

OnePlus 8 klasik, di sisi lain, hanya membutuhkan panel Full HD + pada 90 Hz. Ini lebih halus daripada kebanyakan smartphone yang bersaing, tetapi tidak se ajaib OnePlus 8 Pro. Mengetahui OnePlus, tidak ada keraguan bahwa penggantinya, OnePlus 8T, akan beralih ke 120 Hz.

OnePlus 8 warna
Selain warna “Onyx Black” klasik (kaca hitam reflektif, seperti tahun-tahun sebelumnya), OnePlus menawarkan tiga warna matt baru tahun ini.

Diantaranya adalah “Glacial Green”, “Interstellar Glow” (yang mengingatkan kita pada logo Instagram), dan “Ultramarine Blue”, warna biru yang sangat sukses. Kami salut atas upaya tim desain OnePlus. Antara Huawei P40s yang dirilis beberapa hari yang lalu dan OnePlus 8, kami senang dengan variasi warna baru ini.

OnePlus menyukai Google, Google menyukai OnePlus
Setelah Xiaomi, giliran OnePlus untuk menunjukkan lampirannya ke Google. Apakah Anda melihat ini sebagai provokasi ke Huawei? Kamu mungkin benar. Buktinya, pada kotak OnePlus 8, adalah tulisan “dengan akses mudah ke aplikasi Google yang paling sering Anda gunakan”. Merek Cina mungkin mengejek rekan senegaranya yang kehilangan ekosistem Google.

Bahkan, OxygenOS, overlay yang digunakan oleh OnePlus, berkembang ke arah ini. Menu OnePlus Shelf, yang diungkapkan dengan sapuan jari, di sisi kiri perangkat, memberi jalan ke Google Discover, yang telah diminta oleh penggemar untuk waktu yang lama. Layar beranda juga menyediakan akses cepat ke Google Duo dan Google Assistant. Yang terakhir dapat diakses dengan cepat dengan menekan tombol buka selama beberapa detik atau dengan membuat gerakan sederhana dari layar kunci … Akhirnya, dengan OnePlus baru, Anda bahkan dapat bermain di Stadia. Singkatnya, seperti yang Anda lihat, OnePlus dan Google menjadi lebih dekat tahun ini. Untuk menyakiti Huawei, strategi ini tidak diragukan lagi efektif.

Snapdragon 865 dan pengisian nirkabel
Tahun baru wajib, OnePlus mengubah prosesor. Model 8 dan 8 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 SoC yang terpasang pada modem X55, menjadikannya kompatibel dengan 5G dan Wi-Fi 6. Tidak mengherankan, perangkat ini sangat kuat dan menjalankan semua aplikasi tanpa hambatan. Perubahan ringan lainnya juga ada, seperti umpan balik haptic yang ditingkatkan. Sekali lagi, OnePlus menawarkan salah satu pengalaman terbaik di pasar. Mengetik pada keyboard atau membuka kunci ponsel cerdas Anda mengirimkan getaran yang sangat ringan, yang membuatnya terasa seperti Anda sedang berkomunikasi dengan perangkat. Sensor sidik jari di bawah layar juga menawarkan area permukaan yang lebih besar dari sebelumnya, membuatnya lebih mudah untuk membuka kunci ponsel cerdas Anda.

pengisian daya nirkabel

OnePlus 8 memiliki baterai 4300 mAh sedangkan OnePlus 8 Pro, yang lebih besar dari keduanya, memiliki baterai 4.500 mAh. Apakah itu cukup untuk smartphone 120 Hz dan 5G? Tes laboratorium kami akan menentukan ini. Menurut pengukuran awal kami, dibutuhkan 57 menit untuk mengisi penuh OnePlus 8 dan 1h02 untuk OnePlus 8 Pro dengan pengisi daya 30W yang disediakan di dalam kotak. Tentu saja, kebaruan sebenarnya dari generasi baru ini adalah kedatangan pengisian nirkabel. Dicadangkan untuk model 8 Pro, ini memungkinkan Anda untuk memulihkan 50% otonomi dalam 30 menit menggunakan pengisi daya nirkabel OnePlus 30W yang dijual sebagai opsi (69 euro).

Ponsel ini juga kompatibel dengan dukungan Qi lainnya tetapi, secara logis, akan terisi ulang lebih cepat dengan perangkat ini. Ini juga dapat mengisi daya ponsel cerdas atau aksesori lain berkat mode pengisian terbalik 5W. Setelah bertahun-tahun resistensi, OnePlus akhirnya menjadi nirkabel dan menawarkan smartphone yang benar-benar lengkap.

Apakah OnePlus akhirnya lebih baik dalam gambar?
Akhir-akhir ini, kami sangat kritis terhadap kamera di smartphone OnePlus. Kami dengan cepat menyadari bahwa ponsel merek tersebut mengalami kelambatan yang nyata dan bahwa kualitas fotonya sama sekali tidak sesuai dengan kompetisi. OnePlus menyadari hal ini dan karenanya tahu bahwa ia ditunggu-tunggu dengan generasi baru ini. OnePlus 8 Pro adalah smartphone paling menarik dalam kisaran ini. Seperti Oppo Find X2 Pro, ia dilengkapi dengan sensor 48 Mpix IMX689 Sony yang baru, yang dibedakan dengan ukuran besar 1 / 1,43 inci. Misi kamera baru ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemotretan cahaya rendah, dan sejauh ini, kami tampaknya mendapat cukup banyak janji itu.

Tes awal menunjukkan bahwa OnePlus 8 Pro lebih cepat dari pendahulunya (tanpa mencocokkan beberapa ponsel

yang bersaing seperti Huawei P40 Pro atau iPhone 11 Pro) tetapi sayangnya itu tidak menawarkan kualitas yang layak untuk sebuah smartphone ultra-premium. OnePlus 8 Pro juga dilengkapi dengan modul sudut ultra lebar yang terpasang pada sensor 48 Mpix (IMX586 yang digunakan tahun lalu sebagai sensor utama). OnePlus mengadopsi strategi yang mirip dengan pesaingnya untuk memiliki gambar yang lebih baik dalam sudut ultra lebar. Sensor ini juga digunakan untuk fotografi makro. Akhirnya ada lensa telefoto untuk zoom optik x3 (terpasang pada sensor 8 Mpix) dan, itu mengejutkan, sensor yang didedikasikan untuk filter warna.

Dari 5 Mpix, ini memungkinkan penggemar Instagram atau Snapchat untuk meningkatkan foto mereka sebelum dipublikasikan. Kami belum benar-benar tahu cara kerjanya.

OnePlus 8 sangat mirip dengan OnePlus 7T. Ini memiliki sensor utama 48 Mpix yang sama seperti tahun lalu, sensor sudut ultra lebar yang melekat pada sensor 16 Mpix, dan sensor makro 2 Mpix, yang agak dua kali lipat ukuran sensor sudut ultra lebar. Kami merasa bahwa di sini, OnePlus sebagian besar telah menempatkan modul foto ketiga agar terlihat bagus … Selain perubahan perangkat keras ini, mari kita sambut kedatangan fitur perangkat lunak baru seperti audio zoom yang mirip dengan Samsung dan Apple atau Mode “Smart Pet”, dibuat untuk memperbaiki masalah gerakan lambat. Yang terakhir memungkinkan Anda untuk mengambil gambar objek bergerak dan membekukannya, untuk membuat foto dapat digunakan. Seolah-olah merek tersebut merespons kritik kami dengan tepat. Kami akan melihat apakah janji itu ditepati.

Harga naik … lagi

Tersedia mulai 21 April, OnePlus 8s baru harganya lebih mahal dari pendahulunya.

Tergantung pada mereknya, kenaikan ini disebabkan oleh kedatangan 5G. OnePlus 8 akan dijual dengan harga 699 euro (8 + 128 GB) atau 799 euro (12 + 256 GB) sedangkan OnePlus 8 Pro akan dijual dengan harga 899 euro (8 + 128 GB) atau 999 euro (12 + 256 GB) . Ini masih jauh lebih murah daripada Samsung Galaxy S20. OnePlus bahkan berhasil menawarkan smartphone baru 100 euro lebih murah daripada Xiaomi Mi 10, sebuah tanda niat baik terhadap para penggemarnya.

Baca Juga: