Pakar: generasi muda harus melek bahasa coding

Pakar: generasi muda harus melek bahasa coding

Pakar generasi muda harus melek bahasa coding

Bangsa Indonesia harus mulai mempersiapkan generasi yang melek bahasa pemrograman komputer atau coding untuk menghadapi era industri 4.0, kata Guru Besar Tetap Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Yandra Arkeman.

“Di masa depan ada dua hal yang akan membentuk peradaban manusia, yakni pertama, penggunaan teknologi digital maju seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan blockchain di berbagai bidang kehidupan,” kata Yandra dalam orasi ilmiahnya di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Menurutnya, teknologi akan membahayakan umat manusia kalau manusianya tidak siap.

Untuk itu, anak-anak Indonesia yang akrab dengan gawai, jangan hanya menjadi pengguna tapi harus jadi tuan dari gawai tersebut.

“Salah satu ilmunya adalah coding. Dengan coding, kita bisa menjadi tuan dari mesin-mesin cerdas yang akan hadir di masa depan,” katanya.

Prof Yandra menjelaskan, coding atau pengkodean dalam bahasa program

adalah bagaimana cara manusia memberikan instruksi kepada komputer.

“Di luar negeri, anak-anak usia sekolah dasar sudah diajari bahasa `coding`. Kita harus mulai, kalau tidak kita akan ketinggalan,” katanya.

Menurutnya, coding adalah elemen terkecil dari kecerdasan buatan, karena belum ada komputer yang bisa menyuruh dirinya sendiri.

Saat ini, lanjutnya, alatnya banyak tapi ahli codingnya sedikit,

hal ini yang jadi masalah.

“Kita harus mulai menyiapkan manusia cerdas. Revolusi industri 4.0 kita harus kejar, tapi apakah ada inovasi di bidang kecerdasan buatan yang akan menyebabkan terjadinya revolusi industri 5.0? Kapan itu akan terjadi?” katanya.

sumber :

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/seva-mobil-bekas/