Pengertian dan Rumus evolusi

Pengertian evolusi

Evolusi berasal dari kata evolution, yang berarti roll atau layer. Dalam bahasa Inggris, evolusi berarti perkembangan bertahap. Pemahaman sederhana tentang evolusi: unit yang berubah seiring waktu. Unit ini terdiri dari individu yang menikah dan keturunannya adalah unit reproduksi yang disebut populasi Mendel. Karakteristiknya adalah bahwa komposisi genetik berubah seiring waktu, yang dapat menjangkau jutaan tahun. Perubahan komposisi genetik yang menghasilkan perubahan fenotip disebut evolusi. Dengan kata lain, Atua, evolusi adalah perubahan frekuensi gen dalam suatu populasi dari waktu ke waktu.

Perkembangan organisme dari sumber sederhana hingga yang kompleks dapat dipelajari dari penemuan fosil. Fosil adalah sisa-sisa kehidupan lampau yang membatu. Salah satu contoh adalah periode perubahan yang relatif panjang dari fosil kuda, kuda Hyracotherium yang telah dibentuk seperti ukuran tubuh kucing, menjadi kuda Equus, yang sekarang menjadi tubuh seperti kuda. Menunjukkan

Menurut Campbell

evolusi adalah perubahan dari generasi ke generasi dalam frekuensi alel atau genotipe populasi. Perubahan yang terjadi dalam kumpulan gen disebut evolusi skala kecil, sehingga mereka disebut evolusi mikro. Evolusi berlaku untuk kelompok, bukan individu. Dalam jangka panjang, perubahan yang terjadi semakin jauh. Oleh karena itu, awalnya kelompok yang serupa dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yang berbeda. Tiga hal yang memungkinkan evolusi: kesuburan, kekuatan progresif untuk menciptakan perubahan baru dalam pola hidup dan mutasi, dan kecenderungan untuk mempertahankan perubahan yang dihasilkan oleh mutasi, yaitu, warisan.

Media evolusi adalah populasi. Bahan mentah evolusi adalah untuk mengurangi variasi antar individu dalam populasi dan untuk muncul. Mekanisme evolusi dapat digambarkan sebagai seleksi alam yang bertindak untuk mengurangi fluktuasi populasi.

Teori evolusi

Dalam proses evolusi, banyak pendapat dari para ilmuwan kuno mencoba membuat teori evolusi. Teori evolusi 150 tahun yang lalu dan memiliki pengaruh besar pada cara hidup masyarakat. Teori ini tidak hanya diterima, ada pembaruan, penyempurnaan dan modifikasi, dan beberapa diterima atau tidak diterima. Dan yang paling terkenal dan diingat dalam buku khusus “The Origin of Species” adalah teori Darwin. Selanjutnya, saya akan menjelaskan secara singkat evolusi ini.

Teori Biologi Aristoteles (384-322SM)

Sosok biologi adalah Aristoteles (384-322 SM). Dia adalah seorang filsuf dan tokoh ilmu pengetahuan Yunani kuno. Teori biogenesis ini menyatakan bahwa organisme pertama yang hidup di bumi ini berasal dari benda mati.
Contoh:

Ikan dan katak berasal dari lumpur.
Cacing datang dari tanah
Uzi berasal dari daging busuk.

Meskipun telah bertahan selama ratusan tahun, tidak semua orang membenarkan pemahaman tentang biogenesis. Orang yang meragukan kebenaran biogenesis melanjutkan penelitian untuk menyelesaikan masalah asal usul kehidupan.

Francesco Redi melakukan percobaan untuk menjawab pertanyaannya tentang konsep biogenesis. Dalam eksperimennya, Redi menggunakan tiga kerak daging dan tiga toples. Kemudian 3 botol ditempatkan di tempat yang aman. Setelah beberapa hari, kondisi daging dalam tiga botol diamati. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.

Sumber : https://materibelajar.co.id/