PENGERTIAN REFLEXIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN REFLEXIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN REFLEXIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

 

PENGERTIAN REFLEXIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

Pronoun atau dalam bahasa indonesia kita menyebutnya sebagai kata ganti, pronoun merupakan salah satu jenis part of speech yang memiliki peran yang sangat penting dalam bahasa inggris, dimana fungsi utamanya yaitu menggantikan noun(phrase) dalam kalimat. pada postingan kali ini kita akan membahas salah satu jenis pronoun yaitu reflexive pronoun? Apa itu reflexive pronoun? Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Reflexive Pronoun

Reflexive pronoun adalah sebuah pronoun(kata ganti) yang menunjukkan bahwa subjek(yang bisa berupa orang, atau hewan)menerima aksi dari verb di dalam sebuah kalimat, sehingga subjek memiliki bentuk reflexive sendiri di posisi objek. Reflexive Pronoun antara lain adalah: singular(myself, yourself, himself, herself, itself), dan Plural(ourselves, yourselves, themselves), atau lebih jelasnya silahkan lihat tabel di bawah ini.

Penggunaan Reflexive Pronoun

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa reflexive pronoun berfungsi menunjukkan bahwa subjek(yang bisa berupa orang, atau hewan)menerima aksi dari verb di dalam sebuah kalimat. jadi pertanyaannya kapan seharusnya kita menggunakan Reflexive pronoun?

#Ketika menjadi direct object

dimana subject dan object adalah sama. kita bisa menggunakan reflexive pronoun dengan transitive verb, misalnya: amuse, blame, cut, dry, enjoy, help, hurt, introduce, kill, prepare, satisfy, teach, etc. Contoh kalimatnya:
I teach myself to drive motorcycle. (“myself” menggantikan subjek “I” dan menjadi direct objek verb “teach”).
He blames himself when he got bad scores. (“himself” adalah reflexive dari subjek ”He” dan menjadi direct objek verb “blame”).

#Ketika menjadi indirect object

dimana objeknya sama dengan subject of verb. contoh kalimat:
I have written myself a letter to send tomorrow. (“Myself” adalah reflexive subject “I” dan menjadi indirect object).

#Ketika menjadi object of preposition

He makes a life for himself. (“himself”adalah object of preposition “for”).
That man is talking to himself. (“himself” adalah object of preposition “to”).

#Ketika untuk memberikan Penekanan lebih pada hal yang dilakukan oleh subjek
I will do it myself. No one else will help me. (“myself” adalah reflexive pronoun dari subject I yang berfungsi untuk memberi penekanan lebih terhadap yang dilakukannya).

#Ketika adanya subject kombinasi

Subject yang berupa proper noun terkadang juga bisa dikombinasikan dengan reflexive pronoun. Contoh:
I and my brother go to the mall to make ourselves happy. (reflexive pronoun “ourselves” menggantikan subject kombinasi antara “I” dan “my brother”).

Nah itulah tadi pembahasan mengenai reflexive pronoun dan beberapa contoh kalimatnya. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi yang disampaikan di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/