Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi SambisariPeninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Bagi Anda yang tergila-gila dengan peninggalan peradaban Hindu Kuno yang sempat menguasai tanah Jawa di era dahulu, maka tempat wisata Jogja yang satu ini wajib Anda kunjungi. Namanya Candi Sambisari. Letaknya berada di dusun Purwomartani. Yang membuat candi ini unik adalah letaknya yang berada 6,5 meter lebih rendah ketimbang lahan di sekitarnya. Tak ada biaya masuk, membuat candi ini semakin menjadi surga wisata tersembunyi. Anda juga akan menemukan banyak relief yang artistik di sekitar Candi Sambisari. Belum dengan patung Dewi Siwa dan Dewi Durga yang eksotis, bisa Anda temukan di kawasan candi yang dulunya persawahan ini dan mulai tahun 1996 direnovasi oleh para ahli purbakala.

Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru

Tempat wisata di Jogja ke enam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi ada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Disini ada Kalibiru, desa dan hutan wisata yang menjadi ekowisata yang belum banyak diketahui orang. Hutan wisata kaibiru ini cocok untuk Anda yang inigin menaikmati trekking dengan latar pepohonan hijau nan cantik.

Cave Tubing di Goa Pindul

Bagi Anda penggemar Cave Tubing atau susur gua, maka tempat wisata di Jogja yang terbaik bisa Anda kunjungi adalah Goa Pindul. Goa Pindul adalah salah satu goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun hingga membentuk gua dan sungai bawah tanah yang sangat eksotik. Di tempat ini Anda bisa memilih, ingin menyusuri gua, atau bisa juga menikmati sungi bawah tanah berombongan dengan memakai ban dalam sebagai body rafting. Goa Pindul selalu dipadati wisatawan dan surga tersembunyi ini memang sedang naik daun. Jika tertarik, silahkan datang ke Gunung Kidul, DIY.

Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo

Seringkali kita tinggal menikmati makanan dan minnuman yang sudah tersedia di atas meja, namun berlum pernah sekalipun (mau) mengetahui proses pembuatannya. Misal, gula yang sering kita campurkan ke kopi atau teh, dari tanaman apa asalnya? Dimana dibuatnya? Bagaimana prosesnya sampai menjadi paket gula yang bisa langsung kita beli di pasar atau minimarket? Pertanyaan itu akan terjawab semua di tempat wisata yang satu ini: Pabrik Gula Madukismo. Di tempat berbasis agro industri ini kita akan disuguhi proses pembuatan gula dari tebu sampai menjadi gula yang biasa kita konsumsi. Letaknya ada di Kasihan, Bantul. Anda direkomendasikan berkunjung di bulan Mei sampai September alias musim giling tiba.


Baca juga: