Penyelesaian Produk Pesanan

Penyelesaian Produk Pesanan

Proses produksi yang dilaksanakan adalah jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan cara penyelesaian proyek, maka cara penyusunan perencanaan urutan kerja dan waktu kerja tidak akan sekompleks di dalam penyusunan urutan kerja dan waktu kerja untuk penyelesaian proyek. Namun demikian secara umum penyelesaian produk pesanan ini akan mempunyai jalur penyelesaian yang hampir sama antara satu pesanan dengan pesanan yang lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan urutan kerja dan waktu kerja untuk penyelesaian produk pesanan antara lain sebagai berikut:

  1. Pola datangnya pesanan

Pesanan yang datang kepada perusahaan ini akan dapat berupa pesanan dalam suatu jumlah tertentu ataupunu di dalam bentuk pesanan individual dalam suatu distribusi tertentu. Apabila pesanan ini datang dalam jumlah tertentu, maka pola datangnya pesanan ini seringkali disebut pola statis, sedang apabila datangnya pesanan tersebut menurut distribusi tertentu disebut pola dinamis.

Pola kedatangan bersifat statis bukannya berarti bahwa beberapa pesanan tersebut akan datang di dalam saat yang sama, namun dapat saja terjadi bahwa pesanan tersebut akan datang di dalam waktu yang berbeda, namun memesan produk dengan spesifikasi produk yang sama.

Dalam pola kedatangan pesanan yang dinamis, maka kegiatan penyusunan urutan kerja dan waktu kerja akan dilaksanakan untuk setiap pesanan yang masuk, setiap pesanan yang masuk ke dalam perusahaan yang bersangkutan tersebut akan mempunyai perbedaan dalam hal spesifik produk antara satu pesanan yang lain, walaupun perbedaan yang ada untuk masing-masing pesanan yang masuk tersebut kadang-kadang sangat kecil.

bacca juga :