Peran dan Sumbangsih yang Bisa Dilakukan Kaum Muda Masa Kini dalam Mengemban Tugas Bela Negara

 Peran dan Sumbangsih yang Bisa Dilakukan Kaum Muda Masa Kini dalam Mengemban Tugas Bela Negara

 Peran dan Sumbangsih yang Bisa Dilakukan Kaum Muda Masa Kini dalam Mengemban Tugas Bela Negara Peran dan Sumbangsih yang Bisa Dilakukan Kaum Muda Masa Kini dalam Mengemban Tugas Bela Negara

Pemuda adalah seseorang yang berjiwa besar dalam menghadapi segala hal. Sedangkan Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Pembelaan negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Pemuda dan kesadaran bela Negara adalah sesuatu yang memiliki keselarasan dalam jiwa masing-masing orang terutama dari dalam diri pemuda. Membangun Kesadaran Bela Negara pada pemuda merupakan sesuatu yang penting dan tidak bisa dianggap suatu hal yang sepele, karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang tidak dapat didisparitaskan dari sejarah bangsa ini. Kendati pun demikian, kesadaran bela negara ini jangan pula ditafsir hanya berhubungan dengan angkat senjata melawan musuh dari negara luar belaka, melainkan harus lebih luas memandangnya, sehingga dalam pengejawantahannya, pemuda lebih kreatif mengimplementasikan arti bela negara ini dalam kehidupannya tanpa menghilangkan hakekat bela negara itu sendiri. Dalam hal ini Pemuda harus sadar bahwa masa depan bangsa dan kepemimpinan negara berada di tangannya. Karena itu pemuda harus mengetahui asas kepemimpinan.

Asas Kepemimpinan adalah kesadaran dan kemauan. Sikap dan ciri pemimpin yang baik adalah :

  1. Berilmu, berakhlak, berintegritas, professional, dan pandai
  2. Dapat membuat keputusan dan bertangguing jawab atas keputusannya.
  3. Dapat mempengaruhi bukan dipengaruhi dan mampu menjadi contoh
  4. Bersedia mendengar masukan dan kritik
  5. Bisa memberi semangat dan motivasi

 

Recent Post