SEJARAH PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI INDONESIA

SEJARAH PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI INDONESIA

SEJARAH PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI INDONESIA

SEJARAH PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI INDONESIA

HAM adalah

hal yang mengikat pada setiap manusia. Tidak boleh ada manusia lainnya yang berusaha untuk mengambil kebebasan tersebut. Hanya saja kasus pelanggaran terhadap HAM pernah terjadi secara besar-besaran di Indonesia.

Hal ini disebut dengan pelanggaran HAM berat, karena jumlah korban yang berjatuhan sangat banyak. Peristiwa tersebut tercatat di dalam sejarah dan akan diingat sepanjang waktu untuk dijadikan pelajaran. Jadi generasi masa kini dapat mulai belajar mengenai sejarah ini, agar di masa depan tidak ada lagi kejadian serupa yang terjadi.

Moral sangat penting diajarkan kepada generasi muda. Hanya dengan morla saja, kejadian seperti pelanggaran berat HAM dapat dihindari. Beberapa kasus dari pelanggaran HAM yang berat yaitu pembantaian di Rawagede yang terjadi pada 1945, pembantaian masal masyarakat oleh PKI pada 1965-1985, Tragedi Santa Cruz tahun 1991.

Peristiwa menyedihkan lainnya mengenai pelanggaran terhadap HAM adalah tragedi pembunuhan aktivis wanita yang terdiri dari para buruh, Marsinah yang terjadi tahun 1993. Selain itu, ada juga peristiwa Semanggi dan juga kerusuhan hebat yang terjadi pada tahun 1998.

Semua kasus dan peristiwa menyedihkan tersebut merupakan contoh dari pelanggaran HAM yang berat. Sebagai generasi masa kini, perlu untuk menanamkan moral dan juga agama dengan lebih mendalam untuk menghindari terjadinya seluruh peristiwa menyedihkan itu.


Sumber: https://hon.co.id/shazap-apk/