Sifat-Sifat Cahaya

Sifat-Sifat Cahaya

Sifat-Sifat Cahaya

Sifat-Sifat Cahaya

  • Cahaya merambat lurus

Cahaya merambat lurus dapat dika buktikan ketika kita menyalakan lampu senter. Cahaya dari lampu senter akan merambat lurus. Percobaan lain yang sering dilakukan untuk membuktikan bahwa cahaya merambat luru adalah sebagai berikut:

cahaya lurus


  • Cahaya dapat menembus benda bening

Cahaya menembus benda bening dapat terlihat jika kita menerawangkan plastik bening ke arah sinar lampu. Sinar tersebut dapat kita lihat karena cahaya dapat menembus benda bening. Jika cahaya mengenai benda yang gelap (tidak bening) misalnya pohon, tangan, mobil, maka akan membentuk bayangan.

menembus benda bening


Cahaya dapat dipantulkan (REFLEKSI)

Cahaya yang jatuh pada sebuah permukaan benda memiliki dua peristiwa, sebagian diteruskan ke dalam benda yang dikenainya, dan sebagian lagi dipantulkan kembali. Banyaknya cahaya yang dipantulkan atau diteruskan tergantung pada sifat benda yang dikenainya. Ada yang meneruskan cahaya lebih banyak dari yang dipantulkannya dan sebaliknya.


Pemantulan cahaya oleh permukaan suatu benda, dilihar dari arah pantulannya bergantung pada keadaan permukaan benda tersebut. Permukaan yang rata akan memantulkan cahaya dengan teratur, sedangkan permukaan benda yang kasar akan memantulkan cahaya tidak teratur. Refleksi (atau pemantulan) adalah perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi (medium) asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium.


Baca Juga :