Sifat-sifat dalam Pengetahuan Ilmiah

 Sifat-sifat dalam Pengetahuan Ilmiah

Pengetahuan yang diproses menurut metode ilmiah merupakan pengetahuan yang memenuhi syarat keilmuan, dan dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah. Sehingga ada syarat-syarat tertentu bagi suatu ilmu dan pengetahuan untuk bisa dikatakan pengetahuan ilmiah. Adapun syarat-syaratnya antara lain adalah sebagai berikut (Surajiyo, 2005: 62-63)[5]:

  1. a)Harus memiliki objek tertentu (formal dan material)
  2. b)Harus mempunyai sistem (harus runtut atau berkaitan)
  3. c)Harus memiliki metode (deduksi, induksi atau analisia)

Menurut Surajiyo (2005: 62-63), menjelaskan suatu ilmu atau pengetahuan ilmiah memiliki sifat atau ciri sebagai berikut:

  1. a)Empiris

Pengetahuan itu diperoleh berdasarkan pengamatan dan percobaan.

  1. b)Sistematis

Berbagai keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan itu mempunyai hubungan ketergantungan (berkaitan) dan teratur.

  1. c)Objektif

Ilmu yang berarti pengetahuan bebas dari prasangka perseorangan dan kesukaan pribadi (harus sesuai keadaan objek)

  1. d)Analitis

Pengetahuan ilmiah berusaha membedakan pokok persoalannya ke dalam bagian yang terperinci untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian tersebut.

  1. e)Verivikatif

Dapat diperiksa kebenarannya oleh siapapun juga.

  1. Kesimpulan

Pengetahuan pada hakikatnya merupakan segenap apa yang kita ketahui tentang objek tertentu, termasuk di dalamnya ilmu. Sedangkan pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang berasal dari common sense yang kemudian di tindak lanjuti secara ranah yang lebih ilmiah, sehingga pengetahuan ilmiah merupakan a higher level of knowledge dalam dunia keilmuan. Maka dari itu filsafat ilmu tidak dapat dipisahkan dari filsafat pengetahuan.

Telah kita ketahui bersama bahwa pengetahuan merupakan hasil tahu manusia terhadap sesuatu, atau segala perbuatan manusia untuk memahami suatu objek tertentu. Pengetahuan dapat berwujud barang-barang fisik. Namun pemahamannya dilakukan dengan cara persepsi, baik lewat indra maupun akal, sebab pengetahuan adalah kepandaian dari segala sesuatu yang diketahui

sumber :