SIFAT WAJIB YANG DIMILIKI RASUL

SIFAT WAJIB YANG DIMILIKI RASUL

  1. Shiddiq (benar). Mereka selalu berkata benar, dimana, kapan dan dalam keadaan bagaimanapun mereka tidak akan berdusta (kadzib).
  2. Amanah, yaitu dapat dipercaya, jujur, tidak mungkin khianat.
  3. Tabligh, artinya mereka senantiasa konsekwen menyampaikan kebenaran (wahyu) kepada umatnya. Tidak mungkin mereka menyembunyikan kebenaran yang diterimanya dari Allah swt. (kitman), meskipun mereka harus menghadapai resiko yang besar.
  4. Fathanah, artinya semua rasul-rasul adalah manusia-manusia yang cerdas yang dipilih Allah swt. Tidak mungkin mereka bodoh atau idiot (baladah).

Khusus nabi Muhammad saw. sebagai pemimpin para rasul (sayyidul mursalin) mendapat sanjungan dan pujian yang luar biasa dari Allah swt. disebabkan karena akhlaknya sebagaimana tersebut dalam surah Al Qalam ayat 4 yang artinya “Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung “ (Q.S. Al Qalam: 4)

MENYEBUTKAN JUMLAH RASUL ALLAH SWT, DAN YANG TERMASUK ULUL AZMI

Nabi adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri tanpa berkewajiban menyampaikan kepada orang lain. Rasul adalah orang yang menerima wahyu yang selain untuk dirinya juga berkewajiban meyampaikan kepada orang lain.  Jumlah nabi dan rasul itu banyak sekali, menurut hadist riwayat Ahmad jumlah nabi ada 124.000 orang, sedangkan jumlah rasul 315 orang, akan tetapi yang tercantum dalam Al Qur’an yang wajib diimani sebanyak 25 orang.  Dan Sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang Rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. tidak dapat bagi seorang Rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; Maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.( QS. Al-Mukmin : 78 )

Jumlah rasul yang diabadikan Allah dalam AlQur’an ada 25 orang. Delapan belas nama

diantara mereka disebutkan dalam Surah Al-An’am ayat 83-86 dan selebihnya disebutkan

dalam surat-surat yang lain. Dua puluh lima rasul tersebut adalah sebagai berikut:

1Adam as                    11.Yusuf as                             21.Sulaiman as

2.Idris as                     12.Ayub                                     22.Zakariya as

3.Nuh as                      13.Zulkifli as                             23.Yahya as

4.Hud as                      14.Syu’aib as                             24.Isa as

5.Saleh as                    15.Yunus as                               25.Muhammad saw

6.Ibrahim as                 16.Musa as

7.Luth as                     17.Harun as

8.Ismail as                   18.Ilyas as

9.Ishak as                    19.Ilyasa as

10.Ya’kub as                20. Daud as

Rasul ulul azmi adalah rasul-rasul yang memiliki keteguhan hati dan kesabaran luar biasa dalam menghadapi halangan dan rintangan ketika melaksanakan perintah Allah SWT, yaitu menyampaikan wahyu Allah SWT kepada ummatnya. Hal ini berdasarjan firman Allah SWT dalam surat Al Ahqaaf ayat 35.

Artinya : “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.”

Rasul-rasul yang termasuk ulul azmi ada 5 orang rasul, mereka adalah :

  1. Muhammad SAW,
  2.  Nuh AS,
  3. Ibrahim AS,
  4. Musa AS,
  5. Isa A.S

 

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/