Singa dan Jakal yang Cerdik

Singa dan Jakal yang Cerdik

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seekor jakal (sejenis serigala dan anjing) di sebuah hutan. Suatu hari, jakal kedatangan singa yang ingin memangsanya. Tak kekurangan akal, ia pun merancang rencana untuk melarikan diri.

Ia mengatakan ke singa bahwa batu besar yang ada di atas mereka akan segera roboh dan membunuh mereka berdua. Jakal lalu meminta singa untuk menahan batu tersebut, sementara ia akan pergi sebentar mencari kayu penahan.

Singa yang percaya menahan batu tersebut begitu saja. Berjam-jam kemudian saat si jakal tak kunjung kembali, barulah ia sadar kalau ia sudah tertipu. Ia pun pergi dengan perasaan kesal dan perut lapar.

Pesan yang terkandung di cerita dongeng anak sebelum tidur dari Afrika Selatan ini, terkadang kecerdikan bisa mengalahkan kekuatan. Selain itu, selalu ada cara untuk keluar dari masalah selama kita mau berusaha mencarinya.

Kalau anak kesulitan membayangkan seperti apa jakal itu, Anda bisa menggantinya dengan hewan yang identik dengan kecerdikan di Indonesia, yakni kancil.

Baca Juga :