Syarat Tumbuh Bunga Matahari

Syarat Tumbuh Bunga Matahari

Syarat Tumbuh Bunga Matahari

Syarat Tumbuh Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari tumbuh

subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000-1500 meter di atas permukaan laut (Kristio, 2007).


Bunga matahari memiliki daerah adaptasi yang luas dan membutuhkan daerah yang panas dengan sinar matahari penuh, namun dalam pertumbuhannya tidak dipengaruhi oleh fotoperiodisme. Pertumbuhan bunga matahari yang optimal dicapai pada suhu di atas 10 0 C dengan ketinggian tempat sedang sampai tinggi (Chapman and Carter, 1975). Di Indonesia tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian tempat sampai 1000 m dpldengan curah hujan 50-80 mm/bulan (Hasanah and Wikardi, 1989).


Bunga matahari tumbuh dari daerah khatulistiwa sampai 55 0 Paclobutrazol LS. Pada daerah tropis tumbuh baik pada ketinggian sedang sampai tinggi, namun toleran pada daerah dataran rendah kering dan tidak toleran terhadap naungan. Tanaman ini mempunyai sistem perakaran yang efisien sehingga dapat tumbuh di area yang sangat kering. Bagi kebanyakan tanaman, cukup resisten terhadap kekeringan kecuali selama pembungaan.


Di Afrika Selatan tipe pendek ditanam pada lahan dengan curah hujan 250 mm/tahun, sedangkan untuk tipe besar membutuhkan kondisi yang lebih basah. Tanaman ini dapat ditanam pada rentang kondisi tanah yang luas termasuk tanah miskinyang berdrainase baik (Duke, 1983).


Sumber: https://www.cyberpost.co.id/2020/04/17/gleam-of-fire-apk/