Tingkatan Kompetensi Siswa SMK lewat LKS 2018

Tingkatan Kompetensi Siswa SMK lewat LKS 2018

Tingkatan Kompetensi Siswa SMK lewat LKS 2018

Tingkatan Kompetensi Siswa SMK lewat LKS 2018
Tingkatan Kompetensi Siswa SMK lewat LKS 2018

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan

Dan Budaya Republik Indonesia resmi membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi di Gedung Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Selasa, 16 Oktober 2018.

Acara yang berlangsung sampai 19 Oktober 2018 Diikuti oleh 447 peserta yang terdiri dari 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat dengan 26 mata lomba yang dilombakan.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Dan Budaya Republik Indonesia, Bukrin mengatakan, dengan diadakannya perlombaan ini dapat meningkatkan kualitas siswa SMK serta menemukan bibit-bibit unggul yang nantinya, selain telah siap untuk terjun di dunia industri, juga siap bersaing di kancah Internasional.

“Mata lomba yang dilombakan tahun ini memang tidak lebih banyak dari tahun kemarin

, ini karena kita sinkronkan dengan mata lomba yang ada perlombaan siswa kancah internasional, yakni WorldSkills Competitions 2019 yang akan diadakan di Rusia tahun depan,”

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum berharap dengan adanya LKS ini, siswa SMK mampu bersaing di dunia industri. “Warga Jawa Barat harus mampu bersaing dan memiliki keahlian juga keterampilan. Lewat kegiatan ini, kita harap siswa SMK bisa memiliki kompetensi yang tinggi serta menguatkan sinergitas dengan pihak industri,” ucap Uu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam mengatakan, tujuan diadakan LKS 2018 yakni memberikan motivasi peningkatan prestasi kompetensi masing-masing bidang keahlian agar siap menghadapi era global.

“Ini menjadi penting untuk peningkatan prestasi kompetensi siswa

untuk menghadapi era globalisasi hari ini,”, ucap Firman.

Acara pembukaan LKS juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembina Sekolah Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin serta seluruh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Sedangkan 26 lomba yang diperlombakan antara lain Autobody Repair, Automobile Technologi, welding, CNC Willing, CNC Turning, Prototype Modelling, Plastik Die Engineering, CADD Mechanical Engineering, Electrical Instalation, Industrial Control, Mobile Robotic, Mechatronic, Electronoc Aplication, Plumbing and Heating, Wall and Floor Tiling, Bricklaying, Joinery, Cabinet Making, Landscaping and Gardening, Fashion Technology, Ladies and Man Hairdressing, Beauty Therapy (Skin Care), Confectionery / Pastry Cook, Information Technology / Network Support, Restaurant Service, Web Design, Graphic Desain Technology dan IT Software Solution for Business.***

 

Baca Juga :