Tingkatkan Minat Masyarakat, UNP Gelar Olimpiade Sosiologi

Tingkatkan Minat Masyarakat, UNP Gelar Olimpiade Sosiologi

Tingkatkan Minat Masyarakat, UNP Gelar Olimpiade Sosiologi

Tingkatkan Minat Masyarakat, UNP Gelar Olimpiade Sosiologi
Tingkatkan Minat Masyarakat, UNP Gelar Olimpiade Sosiologi

Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat

, akan menyelenggarakan Sociology Ed Show 2016 pada 1 sampai 2 Oktober 2016 guna meningkatkan minat masyarakat dengan rumpun ilmu sosial.

“Saat ini rumpun ilmu sosial dipandang sebelah mata dalam pemilihan jurusan di dunia pendidikan, dan itu merupakan hal yang memprihatinkan karena terjadi perbedaan disiplin ilmu dalam ilmu pengetahuan,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Prof. Syahril Anwar di Padang, dalam siaran pers yang diterima GoSumbar, Minggu (14/8/2016).

Ia menjelaskan Sociology Ed Show 2016 diselenggarakan untuk menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta menghadapi berbagai tantangan era globalisasi sehingga ilmu sosial semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, tambahnya menambahkan pihaknya menyelenggarakan Sociology Ed Show 2016

yang terbagi ke beberapa kegiatan yaitu pada hari pertama diselenggarakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Bidang Sosiologi dan Antropologi (OPSI) se-Sumatera, serta Lomba Media Inovatif untuk Pembelajaran Sosiologi Antar Siswa SMA/MA se-Sumatera.

Hari selanjutnya diselenggarakan olimpiade sosiologi tingkat SMA/MA se-Sumatera dan Seminar Nasional “Seni Mengajar Sosiologi yang Bermakna”.

“Olimpiade Sosiologi tingkat SMA/MA sudah rutin dilaksakan setiap tahun sejak 2013 namun ketiga acara lainnya merupakan pertama kali diselenggarakan,” ujarnya.

Ia menyebutkan untuk seminar nasional diperuntukkan kepada guru-guru sosiologi SMA/MA se-Indonesia,

dosen sosiologi, dan mahasiswa sarjana/pascasarjana jurusan sosiologi dari berbagai perguruan tinggi negeri/swasta.

Semantara itu, Ketua Jurusan Sosiologi, FIS, Nora Susilawati, didampingi koordinator bidang Humas dan publikasi, Mohammad Isa Gautama, menyampaikan pendaftaran untuk mengikuti OPSI dibuka sejak 8 Agustus sampai 15 September 2016.

OPSI ini dengan topik yang diteliti tentang kearifan lokal, perilaku menyimpang, problema sosial, konflik sosial, probelma sosial, dan konflik sosial yang peserta terdiri dari dua orang dan didampingi oleh satu orang guru pembimbing.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/iObb20cXUm0635F