Tips Berinternet dengan Aman dan Menghindari Kejahatan Online

Tips Berinternet dengan Aman dan Menghindari Kejahatan Online

Tips Berinternet dengan Aman dan Menghindari Kejahatan Online

 

Tips Berinternet dengan Aman dan Menghindari Kejahatan Online
Tips Berinternet dengan Aman dan Menghindari Kejahatan Online

NGONOO.com – Seperti halnya pisau yang bermata dua nih, internet juga punya banyak sekali celah yang digunakan oleh para penjahat untuk melakukan aksinya. Kita musti berhati-hati pren, biar gak kena dampak negatif dari aksi-aksi penipuan online dan berbagai tindak kejahatan via internet.

Ngomong-ngomong, ini sebetulnya lebih menjaga biar kita bisa berinternet dengan lebih aman, meskipun gak jamin aman 100%, tapi setidaknya menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk dari terjangkitnya virus ataupun skema scammer (penipu) online.

Oke kita mulai dari yang pertama saja.
Hati-hati dengan Iklan Pop-up

Itu lho, yang misalnya kita klik dimana aja tiba-tiba njedul sebuah window atau tab baru yang berisi iklan. Menurut data CIS (The Center for Internet Security), saat ini begitu banyak iklan pop-up yang berbahaya untuk pengguna internet. Biar gak kena nih, jangan klik dah kalau ada pop-up gak jelas, meskipun gambarnya “menarik”.

😀
Update software berkala

Setiap update software, itu kan tujuanya buat memperbaiki bugs dan segala macem tuh, termasuk dari sisi keamanan disamping fitu ataupun interface. Biar menekan potensi yang berbahaya, baiknya dirimu selalu update software ke versi terbaru terkini dan termutakhir. Wokehh yoo..
Password Alay

Eh, maksudnya bukan password alay sih. Tapi password yang kuat, dan gak mudah ketebak. Misalnya ini nih pren : 4kU9anT3N6lh00 . Kalau dirimu pake password standar kayak nama pacar atau nama mantan, atau parahnya pake tanggal lahir, bulan, dan tahun, itu sangat-sangat danger masbero dan mbakbero. “Hidup Alay”
Antivirus – AntiSpyware

Biasanya di beberapa antivirus, ataupun antispyware ada beberapa fitur untuk mengetahui kemanaan sebuah situs.

Kadang-kadang si emang bikin kesel, tapi kalau kegiatan kamu banyak berkaitan dengan situs-situs luar negeri, ini perlu-perlu banget. Sedia es batu sebelum kemarau gitu lah.
Koneksi yang aman

Kalau akses sesuatu yang penting, kek misalnya login ke paypal, bank, atau semacamnya, sebaiknya gunakan koneksi pribadi. Koneksi Wi-fi gratis, ataupun warnet, cukup rentan. Apalagi di warnet, bisa aja masang software untuk merekam aktivitas, atau pake keylogger (bahayah ituh, tapi semoga gak yaa). Cuman bakal lebih aman ya itu, pake perangkat sendiri, pake koneksi sendiri.
Hati-hati software crack

Nih buat kamu yang hobi download software bajakan alias “cracked”, sebaiknya hati-hati. Soale seringkali sopwer2 gitu sudah disisipi virus dan pasukannya. Buat jaga-jaga, jangan lupa cek apa yagn udah kamu download di VirusTotal.com
Awas iklan di email

Kalau dirimu dapet email dari orang yang gak dikenal, apalagi berbau-bau promosi, hadiah, atau semacemnya yang

nyuruh klik link, musti hati-hati pren.
Pastikan alamat situs

Ini mungkin cukup sepele, tapi kalau udah kena, ya repot juga. Terutama kalau masbero dan mbakbero melakukan transaksi online nih. Pas dirimu masukan data-data yang berhubungan dengan kartu kredit misalnya, pastikan alamat situsnya berawalan “https” itu tandane aman masbroh. Jadi kalau cuman http://www.namadomain.com gitu gak jamin. Perusahaan besar yang melayani transaksi secara online, rata-rata pake “https”.

Terakhir pren

Gembok laptop atau komputer kamu, terus matiin, dan matikan semua koneksi internet, bobok.

 

😀

Internet securityOkeh, sepertinya itu dulu masbroh. Kamu tambahin yang lain yaa..

Keep #SELO dan tetep Sat Set Bat Bet

Baca Juga: