Usaha Perikanan Tangkap

Usaha Perikanan Tangkap

Usaha perikanan adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan sistem bisnis perikanan yang meliputi praproduksi, produksi, pengolahan, dan pemasaran,sedangkan usaha perikanan tangkap adalah usaha perikanan yang berbasis pada kegiatan penangkapan ikan dan/atau kegiatan pengangkutan ikan.Dalam melakukan usaha penangkapan nelayan harus memiliki surat-surat izin dalam penangkapan,yaitu SIUP,SIPI,dan SIKPI.

Pada fase praproduksi yang dilakukan adalah persiapan alat-alat yang akan dilakukan dalam usaha penangkapan.Misalnya dengan menyiapkan alat tangkap yang akan digunakan,pebekalan yang akan dibawa,kapal yang akan digunakan serta persiapan bahan bakar agar bisa terpenuhi target yang diinginkan.

Pada fase produksi,dilakukan penangkapan terhadap ikan yang ditargetkan.Pengaturan ABK agar proses penangkapan berjalan dengan baik.

Pada fase pengolahan,ikan hasil tangkapan diolah di dalam kapal,agar nantinya bisa lebih awet,sehingga masih bisa dipasarkan dalam kondisi yang lebih segar,dan harganya pun bisa lebih tinggi sehingga keuntungan yang dicapai juga tinggi.

 

Sumber :

https://etrading.co.id/artikel-abu-vulkanis-dan-keselamatan-penerbangan/